[TIPS] Menghilangkan Bau Prengus Pada Kikil

[TIPS] Menghilangkan Bau Prengus Pada Kikil - Hallo sahabat Resep Masakan Dunia Terlengkap, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul [TIPS] Menghilangkan Bau Prengus Pada Kikil, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : [TIPS] Menghilangkan Bau Prengus Pada Kikil
link : [TIPS] Menghilangkan Bau Prengus Pada Kikil

Baca juga


[TIPS] Menghilangkan Bau Prengus Pada Kikil


Halo teman-teman semua… Kali ini saya akan berbagi tips memasak kikil alias kulit sapi atau kambing. Iya betul, kikil yang teksturnya kenyal itu. Iya bahan makanan favorit Anda yang sebetulnya enak asal tidak bau prengus. Nah, kebetulan hari ini saya mau mengupas tentang tips mengolah kikil agar tidak bau prengus. Disimak bareng-bareng yaa…?

Memasak kikilsebetulnya susah-susah gampang ya dears? Mau dibilang susah kok ya gampang. Mau dibilang gampang tapi kok ya susah. Lebih tepatnya susah menghilangkan bau prengus yang bias membuat hasil masakan kita menjadi kurang sedap. Hmm, tahukah Anda? Menghilangkan bau pada kikil itu ada cara khususnya tersendiri loh. Bagaimana? Let's check this one out. Dibaca pelan-pelan jangan ada yang kelewat yah.

Kikil Itu Apa

First of all sebelum membahasnya lebih lanjut, boleh ya teman-teman izinkan saya bertanya. Teman-teman tahu tidak kikil berasal dari apa? Apakah kikil itu daging hewan? Atau kikil itu jeroan hewan? Atau justru Anda belum tahu kikil itu apa? Pokoknya tahunya tinggal mengolah dan menyantapnya saja deh ya. Hehe...

Kikil adalah kulit hewan mamalia berkaki empat yang telah dikuliti dari badannya. Kulit hewan yang pada umumnya dimanfaatkan sebagai bahan pangan adalah sapi dan kambing. Tapi tidak menutup kemungkinan kalau kerbau atau lembu juga dimanfaatkan kulitnya untuk dikonsumsi loh. Coba deh Anda main ke kota Kudus, Jawa Tengah. Di sana terdapat berbagai olahan kerbau menjadi beragam masakan. Termasuk diantaranya kikil kerbau. Uuh jadi penasaran deh sama rasanya! Boleh juga dimasukkan ke dalam to do list, main ke Kudus. Yeay!

Kikil Dimasak Apa

Seperti halnya daging, kikil dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi beragam jenis masakan. Secara umum di daerah tempat tinggal penulis biasanya kikil diolah menjadi oseng kikil lombok ijo, becek kikil, dan kikil balado. Kalau teman-teman punya resep lain juga bisa kok dicoba.

Sepertinya belum banyak warung makan yang berani menyajikan berbagai kreasi resep kikil yang tidak biasa. Dimana-mana olahan kikil hanya begitu-begitu saja. Kalau bukan oseng Lombok ijo, ya disantan. Eh siapa tahu kalau Anda bisa menciptakan resep baru yang enak, bakal banyak yang minat untuk beli. Bisa jadi juragan kikil deh nantinya. Hihi…

Menurut penulis sendiri, kikil paling sedap kalau dimasak oseng lombok ijo. Dikasih kecap manis gitu. Nyammm mantaps!

Kikil Yang Enak

Dari berbagai macam jenis kikil dilihat dari jenis hewannya, kalau harus meranking mana kikil yang paling enak sepertinya agak sulit ya. Soalnya setiap orang memiliki selera masing-masing. Ada yang lebih suka kambing dan ada pula yang lebih condong ke sapi. So, menurut saya semua jenis kikil enak.

Kikil Empuk


Wah ini nih yang sering membuat ibu-ibu galau. Kikil sudah direbus sedemikian rupa ehh begitu matang jadi masakan ternyata masih alot. Kalau maksa untuk tetap dimakan bisa-bisa malah bikin gigi copot. Duh sakitnya tuh di sini.

Don’t worry jangan khawatir. Untuk membuat olahan kikil yang empuk ada trik khususnya sendiri loh teman-teman. Bukan sembarang direbus. Beruntunglah Anda masuk ke blog ini karena di sini akan saya bocorkan tips mengolah kikil agar empuk dan tidak keras.

Sebelum mengolah kikil menjadi masakan apapun, terlebih dahulu remas-remas beberapa lembar daun pepaya muda hingga lemas. Kemudian balurkan daun pepaya tersebut secara merata pada kikil yang akan diolah. Harus diremas ya jangan diuleg apalagi diblender. Pastikan setiap bagian tidak ada yang terlewat ya temans. Enzim papain yang terdapat pada daun pepaya muda ini berfungsi sebagai pemecah protein sehingga dapat dimanfaatkan untuk membuat kikil menjadi lebih empuk dan lembut di mulut.

INGAT! Gunakanlah daun pepaya muda dan bukan daun pepaya tua. Mengapa? Karena kita membutuhkan enzim papain yang hanya terdapat pada daun pepaya yang masih muda. So, jangan sampai keliru.

Agar Kikil Tidak Bau


Oh iya sampai lupa nih, harusnya ini ada di langkah pertama. Sebelum kikil diapa-apakan jangan lupa dicuci dulu sampai bersih ya. Kerik bagian lemak-lemaknya yang masih tersisa. Perlu teman-teman ketahui bahwa lemak hewan inilah yang menjadi salah satu sumber bau kurang sedap.

Well, setelah berhasil membuat kikilmenjadi empuk, masalah bau prengusjuga harus diperhatikan jika teman-teman hendak mengolahnya. Agar olahan teman-teman tidak berbau, terlebih dahulu rebuslah kikil bersama lengkuas, daun salam, jahe, serai, dan cengkeh, dan daun jeruk. Rempah tersebut akan membantu menghilangkan bau kurang sedap dan memberikan keharuman khas masakan nusantara. Direbus saja ya, belum saatnya diberi bumbu karena saat ini kita masih berada di tahap persiapan.

Gizi Kikil

Kandungan gizi kikil berbeda-beda antara beberapa jenisnya yakni ada kikil kambing, kikil sapi, dan kikil kerbau. Namun secara umum kikil memiliki kandungan gizi yang tidak jauh dengan daging yakni protein dengan jumlah cukup banyak. Fakta tersebut pun menunjukkan bahwa kikil dapat dijadikan sebagai bahan pangan alternatif untuk mencukupi kebutuhan protein harian keluarga Anda.

Caution

Perlu diperhatikan di sini, apabila Anda memiliki beberapa kondisi kesehatan yang cukup serius seperti misalnya (gejala) hipertensi dan diabetes, saya tidak menyarankan Anda untuk mengkonsumsi berbagai masakan olahan dari kikil. Terlebih masakan yang bersantan. Terutama lagi kikil kambing ya dears, yang telah banyak dikenal dapat menaikkan tekanan darah dengan sangat cepat.

Jika seseorang dengan kondisi hipertensi nekat mengkonsumsi olahan kikil kambing, akan ada resiko bagi yang bersangkutan untuk mengalami lonjakan tekanan darah yang dapat berujung pada kondisi medis yang cukup berbahaya seperti pecahnya pembuluh darah jantung hingga kematian.

Pun jika Anda dan orang-orang tercinta berada dalam kondisi sehat wal afiat, mengkonsumsi makanan berbahan dasar daging hewan berkaki empat secara berlebihan juga tidak disarankan. Serat daging hewan yang dikonsumsi melebihi batas wajar dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Contoh kecilnya adalah sembelit. Berdasarkan fakta tersebut rasa-rasanya akan lebih bijak bagi kita untuk mematuhi aturan pola hidup sehat berimbang.

Well, demikianlah tips menghilangkan bau prengus pada kikil ala Diens yang telah digunakan oleh keluarga kami secara turun temurun demi mendapatkan olahan kikil yang lezat sempurna anti bau. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membuat teman-teman bisa mengolah kikil tanpa bau prengus mulai dari sekarang.

Sampai jumpa di tulisan berikutnya. XOXO

(dinierianggara)


Demikianlah Artikel [TIPS] Menghilangkan Bau Prengus Pada Kikil

Sekianlah artikel [TIPS] Menghilangkan Bau Prengus Pada Kikil kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel [TIPS] Menghilangkan Bau Prengus Pada Kikil dengan alamat link https://kumpulan-masakan-dunia.blogspot.com/2017/09/tips-menghilangkan-bau-prengus-pada.html

Komentar

Paling Populer

Resep Cara Membuat Chicken Steak ala Waroeng Steak

Resep Cara Membuat Sate Ayam Empuk + Sambal Kacang

Resep bumbu pengetan ikan bader ala Semua Resep Ibu

Resep Cara Membuat Ayam Penyet Empuk

Resep Sambal Pencok Kacang Panjang by @chichiwiranata

Resep Garang Asem Ayam + Kuah Bening Seger

Resep Rahasia Cara Membuat Es Krim Walls dan Campina

Resep bakso goreng pedas by @deviirwantari

Resep Masakan Tumis Cumi Pete By @dewi.yuliana23