Resep Cara Membuat Ayam Penyet Empuk

Resep Cara Membuat Ayam Penyet Empuk - Hallo sahabat Resep Masakan Dunia Terlengkap, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Resep Cara Membuat Ayam Penyet Empuk, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Resep Masakan Ayam, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Cara Membuat Ayam Penyet Empuk
link : Resep Cara Membuat Ayam Penyet Empuk

Baca juga


Resep Cara Membuat Ayam Penyet Empuk



Tidak semua orang mengenal istilah ayam penyet. Ya, karena sebutan ayam penyet  lebih sering di pakai di daerah mulai dari Semarang ke timur. Kalau di daerah Pekalongan, Pemalang, Tegal, dan sekitarnya menyebutnya ayam lamongan. Ayam penyet atau ayam lamongan sebenarnya hanyalah ayam goreng yang disajikan dengan lalapan dan sambal. Nah kenapa ada yang menyebut ayam penyet dan ayam lamongan, sebetulnya penyetan dan lamongan merupakan sebuah warung yang mempunyai ciri khas yaitu berbentuk tenda terletak di pinggir jalan dan dinding-dinding warung tersebut menggunakan kain putih dengan gambar ayam, bebek, lele, dan burung dara. Nah kalau di daerah Semarang ke timur menyebut warung tersebut dengan sebutan penyetan, sedangkan di daerah Pekalongan, Pemalang, Tegal, dan sekitarnya menyebut warung tersebut dengan sebutan lamongan. Sehingga menyebut ayam yang dijual di warung tersebut dengan ayam penyet dan ayam lamongan. Padahal wujudnya sama saja yaitu ayam goreng yang disajikan dengan lalapan seperti daun kol, kacang panjang, dan irisan timun, serta dibarengi dengan sambal yang menggunakan cabai merah.
Tak hanya penyetan dan lamongan, ternyata di daerah Jakarta dan sekitarnya menyebut warung tersebut bukanlah penyetan atau lamongan, melainkan warung pecel lele.
Nah sekarang kita akan membuat ayam penyet atau ayam lamongan yang enak rasanya. Karena untuk membuat ayam penyet, itu tidak cukup hanya digoreng saja, melainkan perlu diungkep terlebih dahulu. Apa sih ungkep itu? ungkep atau mengungkep ayam yaitu proses dimana ayam ddirebus dan diolah bersama bumbu sebelum digoreng atau dibakar. Tujuannya yaitu agar daging ayam matang dan amoh, serta memberikan rasa yang lezat. Nah cara mengungkep ayam pun ada caranya supaya menghasilkan ayam goreng penyet yang enak rasanya. 
Lalu bagaimana cara membuat ayam penyet yang enak mulai dari mengungkep ayam hingga menjadi ayam penyet yang enak dan lezat. Langsung saja kita siapkan bahan bahannya dan praktekkan bersama sama.

Bahan-bahan:
  •  1 ekor ayam (boleh menggunakan ayam negeri atau kampung), Anda bisa memotong menjadi beberapa bagian di antaranya paha, dada, sayap, punggung, dan kepala
  • 3 sendok makan air jeruk nipis
  • 3 ruas jari kunyit segar
  • 4 lembar daun salam
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 1 liter air matang
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus:
  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 cm lengkuas
  • 2 cm jahe
  • 1 batang serai

Bahan Lalapan:
  • 2 buah timun segar, iris iris berbentuk lingkaran
  • 1 buah daun kol, potong potong sesuai selera
  • 3 lonjor kacang panjang, potong potong sesuai selera
  • Daun kemangi secukupnya

Cara Mengungkep Ayam:
  1. Lumuri daging ayam dengan garam dan air jeruk nipis secara merata agar tidak bau amis. Sambil diremas-remas supaya meresap. Diamkan kurang lebih 1 jam
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, dan serai menggunakan blender atau bisa juga diuleg
  3. Tumis bumbu halus hingga berbau harum
  4. Masukkan daging ayam ke dalam tumisan pada wajan, Tambahkan air secukupnya, aduk hingga rata dan masak ayam beserta bumbu halus hingga daging ayam empuk dan air surut
  5. Setelah ayam ungkep sudah matang, angkat lalu sisihkan

Cara membuat ayam goreng penyet:
  1. Siapkan minyak pada wajan lalu panaskan
  2. Goreng daging ayam yang sudah diungkep, bolak balik hingga cukup kering dan matangnya merata
  3. Angkat lalu tiriskan
Sajikan ayam goreng yang sudah matang bersama lalapan dan sambal lamongan. Dan sekarang ayam goreng penyet siap untuk dihidangkan.
Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan.

Dan selain ayam penyet, kita juga bisa membuat variasi ayamnya menjadi ayam kremes, sehingga menjadi ayam penyet kremes. Untuk resep dan cara membuatnya, Anda bisa membaca resep cara membuat ayam kremes.
Jangan lupa simak juga resep masakan lainnya ya.. hanya di www.resepbumbumasak.com


Demikianlah Artikel Resep Cara Membuat Ayam Penyet Empuk

Sekianlah artikel Resep Cara Membuat Ayam Penyet Empuk kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Resep Cara Membuat Ayam Penyet Empuk dengan alamat link https://kumpulan-masakan-dunia.blogspot.com/2018/05/resep-cara-membuat-ayam-penyet-empuk.html

Komentar

Paling Populer

Resep Cara Membuat Chicken Steak ala Waroeng Steak

[TIPS] Menghilangkan Bau Prengus Pada Kikil

Resep Cara Membuat Sate Ayam Empuk + Sambal Kacang

Resep bumbu pengetan ikan bader ala Semua Resep Ibu

Resep Sambal Pencok Kacang Panjang by @chichiwiranata

Resep Garang Asem Ayam + Kuah Bening Seger

Resep Rahasia Cara Membuat Es Krim Walls dan Campina

Resep bakso goreng pedas by @deviirwantari

Resep Masakan Tumis Cumi Pete By @dewi.yuliana23