[REVIEW] Kue Lompong Khas Purworejo

[REVIEW] Kue Lompong Khas Purworejo - Hallo sahabat Resep Masakan Dunia Terlengkap, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul [REVIEW] Kue Lompong Khas Purworejo, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kue, Artikel Kuliner Nusantara, Artikel Makanan, Artikel Makanan Khas, Artikel Review, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : [REVIEW] Kue Lompong Khas Purworejo
link : [REVIEW] Kue Lompong Khas Purworejo

Baca juga


[REVIEW] Kue Lompong Khas Purworejo


kue lompong khas purworejo

Bismillah...

Selain makanan olahan modern, saya juga suka mencicipi makanan khas tradisional loh. Contohnya saja Kue Lompong Khas Purworejo. Sudah beberapa kali saya berkesempatan icip-icip kuliner tradisional kue lompong dan hasilnyaaa selalu merindukan rasanya lagi dan lagi. Review Kue Lompong Khas Purworejo ini saya dedikasikan untuk seluruh pembaca blog saya terutama pecinta kuliner. Semoga bisa memperkaya pengetahuan kulinernya sekaligus melestarikan kuliner khas daerah agar tak sampai terlupakan & hilang tergilas zaman. Here we go!.

ASAL-USUL KUE LOMPONG
Panganan ini saya temukan pertama kali ketika pergi ke kota Purworejo dan diajak berkeliling ke pasar tradisional di sana. Saya yang hobi kuliner langsung terkesima ketika disuguhi hamparan jajan pasar khas kota tersebut. Aneka jajan pasar yang baru pertama kali saya lihat!. Dilansir dari website kabupaten Purworejo, Kue Lompong Khas Purworejo telah dibuat sejak puluhan tahun silam secara turun temurun. Namun belum ada yang tahu secara pasti kapan kali pertama kue tersebut dibuat. Nama Kue Lompong sendiri dipilih karena asal mula kue ini menggunakan daun talas kering (lompong) yang dibakar kemudian dihaluskan sebagai bahan pewarna hitam. Unik banget ternyata.

Sebagai kue tradisional, Kue Lompong Khas Purworejo pastinya dibuat dengan cara tradisional hingga saat ini. Bahan dan proses pembuatannya yang masih tradisional membuat Makanan Khas Purworejo ini sangat aman untuk dikonsumsi. Bagaimana tidak, kue ini dibuat menggunakan 100% bahan alami, tanpa bahan kimia dan tanpa bahan pengawet. Luar biasa dan sangat otentik!. Penggemar kuliner tradisonal nusantara wajib melancong ke Purworejo nih kayaknya. Biar nggak cuma membayangkan rasanya saja, iya kan?. Hehe.

BAHAN-BAHAN
Bahan-bahan berkualitas adalah kunci kesuksesan kue yang lezat. Uniknya, bahan-bahan pembuatan Kue Lompong Khas Purworejo masih sama persis seperti pertama kali kue ini dibuat kecuali pada pewarnanya. Beberapa penjual telah mengganti bahan pewarna yang tadinya memakai lompong kering (daun talas kering) kini memakai damen kering (pohon padi kering) yang dibakar karena dirasa lebih praktis. Pewarna ini sama seperti yang digunakan pada dawet ireng khas Purworejo.

Soal pembungkus kue, hingga saat ini tetap memakai klaras (daun pisang yang telah mengering). Jadul dan unik. Beberapa pembuat kue lompong sempat mencoba mengganti bungkus kue lompong baik dengan plastik atau daun lainnya dan hasilnya lengket. Maka sampai saat ini Kue Lompong Khas Purworejo tetap setia dengan bungkus klarasnya itu. Klaras yang digunakan pun bukan sembarang klaras melainkan harus klaras yang mengering secara alami di pohonnya. Usut punya usut, kalau membungkus kue lompong pakai klaras yang kering dengan cara dijemur di bawah sinar matahari maka kue lompong akan lebih cepat busuk dan berjamur.


Kue Lompong Khas Purworejo menggunakan tepung beras ketan. Makanya teksturnya kenyal ketika digigit. Bahan wajib yang terakhir adalah kacang tanah yang dicampur gula Jawa sebagai isiannya. Rasa gurih kacang tanah yang dicampur gula Jawa ini mengingatkan saya dengan kue moachi khas Bandung. Isian kue lompong yang manis gurih ini bakal bikin ketagihan mau beli lagi dan lagi. Coba deh!.

RASA
kue lompong khas Purworejo

Mungkin isian kue lompong memiliki rasa yang mirip isian kue moachi karena bahan isiannya sama-sama terbuat dari kacang tanah. Kemudian mengingat bahan utama Kue Lompong Khas Purworejo adalah tepung beras ketan, kue ini terasa kenyal ketika saya gigit. Ciri khas beras ketan yang kenyal pun menjadi ciri khas lain dari kue ini. Ketika dimakan hangat-hangat, sensasi lembut, kenyal, manis, dan gurih menyatu sempurna dengan harumnya aroma kacang tanah & talas (dalam bahasa Jawa disebut lompong). Salah satu hal yang saya kagumi dari kue hitam yang satu ini adalah bahan-bahan dan proses pembuatannya masih sama sejak puluhan tahun yang lalu hingga kini tanpa tergerus arus modernisasi. Keren!.

LIKES
- Rasanya enak.
- Menggunakan bahan alami.
- Tidak mengandung bahan pengawet.
- Tidak mengandung pemanis buatan.
- Tidak mengandung bahan perasa.
- Tidak mengandung pewarna kimia.
- Rasa jadul dan otentiknya jempol banget.

DISLIKES
- Kenapa baru tersedia di Purworejo dan sekitarnya saja.

CAUTION!
- Kue lompong hanya bisa bertahan 1 minggu di luar kulkas atau lebih lama jika di dalam kulkas.
- Lebih baik segera dikonsumsi setelah dibeli.
- Jika kue mengeras, kukuslah ulang.
- Sentra kue lompong di Purworejo ada di kelurahan Pangenrejo, Pangen Jurutengah, dan sebagian Kledung Kradenan.
- Telah tersedia juga di Magelang, Yogyakarta, Muntilan.
- Tanyakan kapan perkiraan masa expired kue ketika membeli.

Tertarik untuk mencicipi Makanan Khas Purworejo yang satu ini?. Anda bisa mendapatkannya di sentra pembuatan Kue Lompong yang telah saya sebutkan di atas. Sebagai referensi, saya biasa beli di toko Kue Lompong ASLI yang beralamatkan Jl. Tentara Pelajar No. 117, Doplang, Kec. Purworejo, Kab, Purworejo.

Wah semoga bisa semakin menyebar luas kemana-mana ya supaya yang di luar kota juga bisa merasakan orisinalitas rasa makanan khas Purworejo ini. Jangan lupa beli oleh-oleh khas Purworejo ini ya di sentra oleh-oleh di kota-kota yang telah disebutkan di atas.

Demikian review Kue Lompong Khas Purworejo dari saya. Anda punya pengalaman tentang kue ini?. Atau mungkin punya pertanyaan?. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar di bawah ini. Terimakasih telah mampir. Nantikan review lainnya dari saya ya. Stay tune!.
(dinierianggara).



Demikianlah Artikel [REVIEW] Kue Lompong Khas Purworejo

Sekianlah artikel [REVIEW] Kue Lompong Khas Purworejo kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel [REVIEW] Kue Lompong Khas Purworejo dengan alamat link https://kumpulan-masakan-dunia.blogspot.com/2017/05/review-kue-lompong-khas-purworejo.html

Komentar

Paling Populer

Resep Cara Membuat Chicken Steak ala Waroeng Steak

[TIPS] Menghilangkan Bau Prengus Pada Kikil

Resep Cara Membuat Sate Ayam Empuk + Sambal Kacang

Resep bumbu pengetan ikan bader ala Semua Resep Ibu

Resep Cara Membuat Ayam Penyet Empuk

Resep Sambal Pencok Kacang Panjang by @chichiwiranata

Resep Garang Asem Ayam + Kuah Bening Seger

Resep Rahasia Cara Membuat Es Krim Walls dan Campina

Resep bakso goreng pedas by @deviirwantari

Resep Masakan Tumis Cumi Pete By @dewi.yuliana23