Cara Membuat Daging Kambing Lebih Empuk Ini Mudah Banget, Coba Yuk?!

Cara Membuat Daging Kambing Lebih Empuk Ini Mudah Banget, Coba Yuk?! - Hallo sahabat Resep Masakan Dunia Terlengkap, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Membuat Daging Kambing Lebih Empuk Ini Mudah Banget, Coba Yuk?!, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ala Diens, Artikel Makanan, Artikel Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Membuat Daging Kambing Lebih Empuk Ini Mudah Banget, Coba Yuk?!
link : Cara Membuat Daging Kambing Lebih Empuk Ini Mudah Banget, Coba Yuk?!

Baca juga


Cara Membuat Daging Kambing Lebih Empuk Ini Mudah Banget, Coba Yuk?!

membuat daging kambing empuk
image credit to: jingisu.com

Memasak daging kambing agar menjadi santapan lezat dan nikmat memang butuh beberapa trik rahasia. Iya dulu memang trik ini masih rahasia, namun sekarang saya sudah memutuskan untuk membagi tips ini untuk umum. 

Kenapa saya bagikan? Tujuannya tentu supaya semua orang tahu bahwa membuat daging kambing menjadi empuk itu tidak sesulit yang selama ini dibayangkan.

Perjalanan saya selama ini berkecimpung di dunia memasak membuat saya banyak menemukan pengalaman berharga tentang dunia olah rasa dengan cinta tersebut. Beberapa hal saya temukan di internet dan buku kemudian saya praktekkan di atas tungku. Sebagian lainnya saya lakukan secara spontan.

Hari ini berbarengan dengan hari raya Idul Adha, biasanya semua rumah akan dipenuhi aroma daging kambing dan sapi. Termasuk juga rumah saya pastinya. Meskipun saya sudah tidak lagi mengkonsumsi daging binatang berkaki empat, terkadang keluarga saya suka meminta untuk dimasakkan sesuatu menggunakan bahan yang ada. Untuk saat ini bahan utamanya adalah daging kambing.

Kalau membicarakan tentang daging kambing biasanya hal apa yang pertama kali terlintas di pikiran Anda? Kalau saya sendiri langsung terpikir tentang bau prengusnya. Iya bau khas kambing yang sangat tidak sedap itu. Meski mau dimasak seenak apapun tapi kalau bau prengus, pasti akan mengurangi selera makan juga.

Apa Penyebab Bau Prengus Pada Kambing?

Terkait bau prengus yang sangat menyengat dari kambing, ada beberapa mitos yang pernah saya dengar. Ada yang mengatakan bahwa daging kambing yang berbau prengus itu disebabkan oleh cara memotong kambing yang kurang tepat. 

Selain itu ada juga yang berpendapat bahwa bau prengus disebabkan karena daging kambing tersebut langsung dicuci setelah disembelih. Benarkah demikian? Bukankah kalau langsung dicuci malah jadi bersih ya?

Ternyata mitos tersebut tidaklah sepenuhnya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Menurut pengamatan saya, bau prengus tersebut sudah ada sejak kambing belum disembelih. Jadi bau prengus adalah aroma alami kambing dan bukan disebabkan oleh teknik memotong ataupun mencuci. Got it?

Setahu saya, teknik memotong daging kambing yang salah tidak akan menyebabkan bau prengus tapi menyebabkan tekstur daging kambing menjadi lebih keras dan alot. Bahkan setelah direbus lama sekalipun.

Tips Agar Daging Kambing Empuk dan Tidak Bau Prengus

Untuk daging kambing, ada beberapa langkah yang wajib dilakukan sebelum mengolahnya menjadi masakan lain. Tujuan utama pengolahan ini dalah untuk membuat daging menjadi empuk dan tidak bau prengus. Lalu, ada berapa banyak langkah yang harus dikerjakan? Apa sajakah itu? Let's check this out!


  • Pertama, daging kambing harus dicuci bersih menggunakan air bersih pula. Apalagi hewan qurban kadang hanya dicuci ala kadarnya di sungai yang kotor. Iya betul, saya pernah menyaksikan sendiri proses pencucian hewan qurban dilakukan di sungai yang warna airnya cokelat. Maka dari itu jangan lupa untuk mencucinya di rumah sampai bersih sambil dibuang lemaknya.
  • Kedua, siapkan satu panci yang telah diisi dengan air secukupnya, didihkan.
  • Ketiga, masukkan daging kambing yang telah dicuci bersih tersebut ke dalam panci bersama beberapa lembar daun jeruk dan garam.
  • Keempat, masukkan beberapa buah sendok stainless steel ke dalam rebusan tadi.
  • Terakhir, tinggal tunggu selama kurang lebih 40 menit maka daging kambing Anda sudah empuk dan juga tidak amis. Jika stok daging kambing di rumah Anda ada banyak maka tinggal disesuaikan saja banyaknya sendok makan dan garam serta daun jeruk segar yang dibutuhkan.
Itulah tadi cara merebus daging agar cepat empuk dengan sendok. Kenapa saya suka sekali pakai cara ini? Tentu yang pertama adalah praktis. Selain itu juga lebih hemat. Hemat tenaga karena tidak perlu pergi ke luar, hemat waktu, hemat gas pula.

Cara Membuat Daging Kambing Empuk dengan Daun Pepaya

Tadi adalah cara membuat daging kambing kadi lebih empuk yang paling saya suka karena sangat praktis. Tinggal direbus pakai sendok stainless steel saja sudah empuk dagingnya. Nah, saya masih punya tips lainnya yaitu pakai daun pepaya.

Daun pepaya biasanya dimasak lodeh, oseng, maupun direbus untuk dijadikan lalapan. Tahukah Anda kalau daun pepaya juga bisa membuat daging jadi lebih empuk? Jika belum maka Anda akan segera mengetahuinya.

Kandungan zat di dalam daun pepaya yang bisa mengempukkan daging bernama enzim papain. Selain di daun, enzim ini juga bisa ditemuka pada buah pepaya yang masih muda lho. Dengan cara ini rasa daging juga bisa lebih keluar.

Cara mengempukkan daging dengan daun pepaya cukup dengan meremas-remas daun hingga layu dan keluar getah, kemudian bungkuskan pada daging yang telah dipotong. Untuk hasil yang lebih baik, ikat daun kuat-kuat pada daging supaya enzim meresap.

Sementara itu untuk mengempukkan daging kambing dengan buah pepaya, Anda bisa mengambil buah pepaya muda kemudian potong dan rebus bersama daging. Berapa lama merebus daging agar empuk?! Cukup sekitar 40 menit saja.

Cara Mengempukkan Daging dengan Buah Nanas

Lanjut ke cara lainnya ya?! Jika di sekitar rumah Anda banyak tumbuh pohon nanas, ini juga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mengempukkan daging. 

Buah nanas mengandung enzim bromelain. Apaan tuh? Ini merupakan golongan enzim protease sulfihidril yang memiliki kemampuan untuk menghidrolisis ikatan peptida atau polipeptida pada serat daging menjadi asam amino.

Cara membuat daging empuk dengan nanas sangat mudah. Ikuti langkah berikut;
  1. Cuci daging hingga bersih, sisihkan.
  2. Kupas nanas, cuci bersih, haluskan.
  3. Balurkan nanas pada daging sambil ditekan-tekan.
  4. Istirahatkan selama 30 menit hingga 1 jam.
  5. Cuci kembali daging yang telah didiamkan.
  6. Siap diolah sesuai selera.
Itulah tadi langkah-langkah membuat daging kambing lebih empuk dengan buah nanas. Siap mencobanya moms?!

Cara Mengempukkan Daging dengan Teh

Selain bermanfaat bagi tubuh sebagai minuman herbal, ternyata teh juga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mengempukkan daging lho. Kandungan tanin di dalam teh dapat melembutkan serat daging yang alot.

Caranya cukup dengan menyeduh dauh teh kering menggunakan air mendidih dan biarkan hingga sari teh keluar. Jika sudah, siramkan air seduhan teh tadi pada daging yang telah dicuci bersih. Done!

Cara Mengempukkan Daging dengan Kopi

Kopi memiliki beberapa kandungan zat yang mirip dengan teh. Untuk memanfaatkan kopi sebagai bahan untuk membuat daging menjadi lebih empuk, caranya cukup dengan menyiramkan air seduhan kopi pada daging yang telah dicuci bersih.

Aroma dari kopi hitam mungkin akan sedikit meresap ke dalam daging. Tapi aroma tersebut akan memberikan cita rasa dan sensasi unik saat daging dibakar. Dengan demikian cara ini cocok untuk daging yang akan diolah menjadi sate.

Cara Mengempukkan Daging dengan Kola

Kola memiliki sifat asam yang bisa dimanfaatkan untuk melunakkan tekstur daging. Beli saja kola dan siramkan pada daging yang telah dicuci sampai terendam. Diamkan selama beberapa jam agar serat daging melunak.

Cara Mengempukkan Daging dengan Jeruk

Kandungan zat asam di dalam buah jeruk selain bisa membuat daging menjadi lebih empuk juga akan membantu menghilangkan bau tak sedap seperti prengus. Sifat acidic yang tinggi bisa Anda dapatkan dari buah lemon.

Peras air lemon dan balurkan merata pada daging sambil dipijat-pijat. Setelah itu diamkan selama beberapa saat dan biarkan zat asam bekerja melunakkan serat daging.

Cara Mengempukkan Daging dengan Jahe

Pada rimpang jahe terkandung sebuah enzim bernama proteolitik yang bisa diandalkan untuk membantu melunakkan tekstur daging yang keras. Haluskan jahe dan balurkan pada daging. Sekalian dijadikan bumbu saja supaya lebih praktis. Hehe.

Setelah daging kambing Anda empuk, kini daging tersebut sudah siap untuk diolah menjadi aneka hidangan lezat tanpa khawatir akan tercium bau prengus darinya ataupun tekstur daging yang alot sampai bikin gigi berasa mau copot. Mau dimasak ala steak, bisa saja. Mau dibuat sate juga mankyus!

Sangat mudah bukan? Tidak hanya mudah, tapi cara ini juga sangat praktis. Anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke luar rumah untuk menemukan aneka bahan rempah yang dapat mengempukkan daging kambing.

Ternyata bahan utamanya ada di dapur Anda dan digunakan setiap hari untuk makan. Resep mengempukkan ini juga bisa diaplikasikan untuk daging hewan apapun yang dirasa alot seperti kerbau dan kuda. Tambahan daun jeruk tadi akan memberikan aroma segar pada daging.

Bagaimana, sudah siap untuk mengolah hidangan Idul Adha tanpa ragu? Apalagi yang tadi dapat jatah daging banyak. Pasti belum habis sampai besok, iya dong...? Cusss praktekkan tips menghilangkan bau prengus kambing ini.

Sekian dulu artikel untuk edisi hari raya Idul Adha 1 September 2017 ini. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda dan selamat memasak! ^_^

(dinierianggara)


Last updated: 24 Agustus 2018


Demikianlah Artikel Cara Membuat Daging Kambing Lebih Empuk Ini Mudah Banget, Coba Yuk?!

Sekianlah artikel Cara Membuat Daging Kambing Lebih Empuk Ini Mudah Banget, Coba Yuk?! kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Membuat Daging Kambing Lebih Empuk Ini Mudah Banget, Coba Yuk?! dengan alamat link https://kumpulan-masakan-dunia.blogspot.com/2017/08/cara-membuat-daging-kambing-lebih-empuk.html

Komentar

Paling Populer

Resep Cara Membuat Chicken Steak ala Waroeng Steak

[TIPS] Menghilangkan Bau Prengus Pada Kikil

Resep Cara Membuat Sate Ayam Empuk + Sambal Kacang

Resep bumbu pengetan ikan bader ala Semua Resep Ibu

Resep Cara Membuat Ayam Penyet Empuk

Resep Sambal Pencok Kacang Panjang by @chichiwiranata

Resep Garang Asem Ayam + Kuah Bening Seger

Resep Rahasia Cara Membuat Es Krim Walls dan Campina

Resep bakso goreng pedas by @deviirwantari

Resep Masakan Tumis Cumi Pete By @dewi.yuliana23