[REVIEW] Lanting Bumbu Kebumen BILQIS Rasa Keju

[REVIEW] Lanting Bumbu Kebumen BILQIS Rasa Keju - Hallo sahabat Resep Masakan Dunia Terlengkap, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul [REVIEW] Lanting Bumbu Kebumen BILQIS Rasa Keju, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Camilan, Artikel Makanan, Artikel Makanan Khas, Artikel Review, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : [REVIEW] Lanting Bumbu Kebumen BILQIS Rasa Keju
link : [REVIEW] Lanting Bumbu Kebumen BILQIS Rasa Keju

Baca juga


[REVIEW] Lanting Bumbu Kebumen BILQIS Rasa Keju



Tahukah Anda apa itu LANTING?. Lanting merupakan makanan ringan yang terbuat dari bahan utama umbi ketela pohon atau singkong. Seiring tingginya minat masyarakat terhadap olahan tradisional tersebut, para produsen lanting pun mulai melakukan inovasi. Camilan lantingdisulap dengan bumbu aneka rasa yang tak khayal membuat panganan ini menjadi semakin menarik. Usut punya usut, camilan berbentuk angka 8 tersebut telah sejak lama menjadi ikon makanan khas kota Kebumen, Jawa Tengah. Para wisatawan yang datang dari berbagai kota pun ramai berbondong-bondong membelinya untuk dijadikan oleh-oleh guna dibagikan kepada sanak famili mereka. Menurut para penjual, setiap hari pasti selalu ada saja yang datang untuk membeli. Uniknya, lanting bumbu khas Kebumen memiliki cita rasa kearifan lokal yang tidak pernah berubah dari waktu ke waktu.

LIBURAN

Berwisata ke salah satu kota kecil di Jawa Tengah ini memang kurang afdol jika tidak membeli oleh-oleh lanting bumbu aneka rasa. Pada kesempatan yang indah bertepatan dengan hadirnya Agustus, bulan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta ini saya pun berkesempatan mencicipi kembali jajanan khas kota tersebut. Kota Kebumen sendiri terletak tepat di sebelah barat Kota Kutoarjo. Pada zaman dahulu kota kabupaten ini masuk dalam karesidenan Banyumas. Oleh karena itu kota ini disebut pula sebagai eks karesidenan Banyumas.

Mampir ke kota ini, ingatan saya pun kembali ke masa beberapa tahun silam. Lebih tepatnya belasan tahun silam. Ketika saya kecil, orangtua saya mengajak saya untuk berwisata keliling Kebumen. Menyusuri goa, benteng, hingga pantainya yang begitu perawan dan menawan hati. Sambil bernostalgia akan berbagai obyek wisata yang pernah saya kunjungi di masa kecil, sayapun tidak lupa untuk membeli beberapa buah makanan untuk dijadikan buah tangan. Salah satu diantaranya adalah lanting bumbu “BILQIS” khas Kebumen. Untuk merk lantingnya sendiri sebetulnya ada bermacam-macam tersedia di berbagai outlet oleh-oleh di daerah tersebut. Kebetulan kali ini saya membeli lanting bumbu dengan merk “BILQIS” rasa keju karena saya memang termasuk cheese lovers yang "gila" keju. Hehe...

KEMASAN

Untuk soal kemasan, lanting bumbu merk “BILQIS” menggunakan packaging yang sederhana. Yakni plastik tebal dengan sebuah cap bertuliskan merk dagang mereka di bagian depannya "BILQIS". Kemasan lanting ini berhias design yang lucu dengan warna dominan merah maroon. Dapat Anda lihat gambar karikatur seorang chef yang sedang memegang sepotong keju bersanding dengan apik dan menarik. Gambar bisa dilihat di atas ya temans...?.


BENTUK

Cemilan lanting pada umumnya berbentuk bulat seperti donat namun dalam bentuk yang lebih kecil. Nah, uniknya lanting bumbu khas Kebumen ini, para produsen membentuk lanting mereka menjadi angka 8 sebelum digoreng. Untuk masyarakat sekitar eks karesidenan Banyumas pasti familiar dengan istilah “lanting angka 8”. Inilah ciri khas lanting Kebumen yang menjadi pembeda dengan lanting lainnya.

TEKSTUR

Lanting yang terdiri dari bahan utama singkong memiliki tekstur yang renyah dan pecah di mulut ketika dikunyah. Untuk mempertahankan kualitas rasa dan kerenyahan jajan khas ini, simpanlah lanting bumbu di tempat yang sejuk, tertutup rapat, dan kering. Kualitas produk akan mengalami penurunan jika penyimpanannya tidak dilakukan dengan baik dan aman dimana lama kelamaan lanting akan mlempem.

RASA

Aroma singkong yang sangat dominan akan menyapa Anda sejak pertama kali kemasan dibuka. Hal ini sebagai pertanda jika tanaman ini merupakan bahan dasar utamanya. Disusul dengan aroma bawang putih dan juga keju yang menyeruak dalam langit-langit mulut ketika lidah mulai bergoyang dan gigi gerigi Anda sibuk memecah satu demi satu “kriyikan” dengan bentuk angka 8 tersebut. Mulut saya jadi terus asyik mengunyah sambil sesekali menyeruput air mineral.

Bahan dasarnya yang terbuat dari ketela pohon membuat jajanan tradisional yang juga disebut klanting ini agak seret di tenggorokan jika kita sudah memakannya lumayan banyak. Jadi kalau teman-teman ingin mencoba makanan ini, eat little by little alias sedikit demi sedikit saja yah. Biar jangan sampai kerongkongan jadi seret. Hehe…

ALAMI

Lanting bumbu khas Kebumenmasih diproduksi dengan cara tradisional tanpa menggunakan peralatan modern maupun bahan-bahan kimia. Komposisinya adalah ketela pohon, bawang putih, garam, minyak goreng, dan perasa. Untuk kesempatan kali ini kebetulan klanting yang saya beli menggunakan bahan tambahan keju sebagai variasi rasa. Jadilah lanting bumbu rasa keju.

Sebagai produk yang 100% menggunakan bahan baku natural, produk ini pun tidak memiliki daya ketahanan yang panjang hingga bertahun-tahun seperti makanan ringan kemasan lain yang pada umumnya menggunakan bahan pengawet. Para produsen menuturkan meski tidak menggunakan bahan pengawet, lanting bumbu produksi mereka dapat bertahan hingga 1 s/d 3 bulan setelah dikemas jika disimpan di tempat kering dalam suhu kamar. Cukup lama kan teman-teman?. Pastinya ini bisa jadi daya tarik tersendiri untuk para pecinta makanan sehat. Lanting bumbu khas Kebumen dibuat dengan bahan-bahan alami berkualitas tanpa bahan pengawet. Yeay!.

LIKES

-        - Terbuat dari bahan-bahan alami
-        - Tanpa tambahan bahan pengawet
-        - Tanpa tambahan bahan pewarna
-        - Tersedia dalam aneka rasa

DISLIKES

-        - Rasa kejunya agak kurang terasa
-         -Terganggu dengan adanya rasa manis

Lanting bumbu ini sangat cocok untuk dijadikan teman baca novel ataupun menonton drama Korea kesukaan Anda loh teman-teman. Dengan cita rasa kearifan lokal Kebumen, pastinya bisa memperkaya khazanah makanan khas Indonesia Anda. Kalau bukan kita yang mencintai dan melestarikannya, lalu siapa lagi ya kan?. Mengkonsumsi cemilan ini tidak akan membuat teman-teman gendut kok. Asalkan makannya tidak berkilo-kilo sih. Hehehe… #ayongemil

Buat teman-teman yang berada di luar kota Kebumen maupun di luar provinsi Jawa Tengah sekalipun, jangan lupa untuk mampir ke Kebumen dan belanja cemilan ini di outlet makanan khas Kebumen yang tersebar di berbagai penjuru kota ini yaa. Dijamin Anda tidak akan menyesal untuk singgah dan menghabiskan waktu berlama-lama di kota ini. Wisata alamnya keren bangettt guys, bahkan tidak kalah keren dan eksotis dari Bali pun Karimunjawa. Amazing!. Buat para pecinta jalan-jalan jangan ditunda lagi deh yukkk eksplore Kebumen dan kulinernya.

Okeee baiklah, sekian dulu review Lanting Bumbu “BILQIS” Rasa Keju khas Kebumen dari saya buat teman-teman tercinta semuanya. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk pembaca semuanya. Saya suka rasa keju, kalau teman-teman suka lanting bumbu yang rasa apa?. Anyway, semuanya enak kok.

See you on the next post. Stay tune here and wait for my another food review guys. XOXO ^_^

Salam,
(dinierianggara)


Demikianlah Artikel [REVIEW] Lanting Bumbu Kebumen BILQIS Rasa Keju

Sekianlah artikel [REVIEW] Lanting Bumbu Kebumen BILQIS Rasa Keju kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel [REVIEW] Lanting Bumbu Kebumen BILQIS Rasa Keju dengan alamat link https://kumpulan-masakan-dunia.blogspot.com/2017/08/review-lanting-bumbu-kebumen-bilqis.html

Komentar

Paling Populer

Resep Cara Membuat Chicken Steak ala Waroeng Steak

[TIPS] Menghilangkan Bau Prengus Pada Kikil

Resep Cara Membuat Sate Ayam Empuk + Sambal Kacang

Resep bumbu pengetan ikan bader ala Semua Resep Ibu

Resep Cara Membuat Ayam Penyet Empuk

Resep Sambal Pencok Kacang Panjang by @chichiwiranata

Resep Garang Asem Ayam + Kuah Bening Seger

Resep Rahasia Cara Membuat Es Krim Walls dan Campina

Resep bakso goreng pedas by @deviirwantari

Resep Masakan Tumis Cumi Pete By @dewi.yuliana23