[REVIEW] Pisang Keju Banyumasan Cabang UNNES

[REVIEW] Pisang Keju Banyumasan Cabang UNNES - Hallo sahabat Resep Masakan Dunia Terlengkap, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul [REVIEW] Pisang Keju Banyumasan Cabang UNNES, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Camilan, Artikel Makanan, Artikel Review, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : [REVIEW] Pisang Keju Banyumasan Cabang UNNES
link : [REVIEW] Pisang Keju Banyumasan Cabang UNNES

Baca juga


[REVIEW] Pisang Keju Banyumasan Cabang UNNES




Review Pisang Keju Banyumasan. Pisang sebagai salah satu buah yang kaya akan berbagai zat gizi ini sering dimanfaatkan oleh mereka yang sedang menjalani diet untuk mendukung suksesnya program menurunkan berat badan. Biasanya, para pelaku diet ini akan mengkonsumsi buah pisang segar sebagai pengganti sarapan mereka. Buah pisang yang masih dalam keadaan fresh memang lezat untuk disantap dan dapat menambah energi plus bonus perut yang kenyang lebih lama. Bagaimana kiranya jika pisang yang enak tersebut diolah sedemikian rupa menjadi camilan yang lain dari yang lain?

KANDUNGAN GIZI PISANG

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara menyulap mengolah pisang, ada baiknya kalau kita mengetahui terlebih dahulu kandungan gizi dari buah berbentuk tandan ini. Menurut laman ensiklopedia bebas wikipedia, pada setiap 100 gram pisang terdapat zat sebagai berikut:
Kalori 88kcal
Lemak jenuh 0.1 gram
Lemak tak jenuh ganda 0.1 gram
Kolesterol 0 gram
Natrium 1 mg
Kalium 358 mg
Karbohidrat 23 gram
Serat pangan 2.6 gram
Gula 12 gram
Protein 1.1 gram
Kalsium 5 mg
Zat besi 0.3 mg
Magnesium 27 mg
Vitamin A 64 IU
Vitamin B6 0.4 mg
Vitamin C 8.7 mg

Itu dia zat gizi yang bisa didapatkan setiap kita mengkonsumsi pisang jenis apapun. Woah lengkap banget ya guys? Bisa kita lihat bersama-sama fakta yang tertera di sana bahwa ternyata buah pisang sama sekali tidak mengandung kolesterol. Ini berarti bukan sesuatu yang mengherankan pula bila buah ini sangat direkomendasikan untuk dijadikan sebagai camilan sehat oleh mereka yang beresiko ataupun sudah terkena gangguan kesehatan berupa penyakit kardiovaskular seperti halnya jantung koroner. Namun perlu diingat untuk tidak mengkonsumsinya dalam keadaan perut kosong apalagi secara berlebihan. Konsumsi pisang dalam kondisi perut kosong dalam jumlah yang cukup banyak justru akan memicu penyumbatan karena adanya kandungan magnesium. Kandungan magnesium yang berlebih dalam darah dapat memicu terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

Setelah mengetahui fakta tersebut saya jadi semakin tergelitik dan dihantui rasa penasaran setiap kali melewati kios Pisang Keju Banyumasan di daerah tempat tinggal saya. Apalagi jika pas lewat sana dalam kondisi perut yang lapar. Hmm sepertinya sudah gemes banget pengen belok dan beli untuk dijadikan cemilan.

Malam ini jadilah rasa penasaran saya tidak bisa dibendung lagi. Salah sendiri juga sih kenapa harus lewat jalan itu terus. Jadinya tergoda juga kan. Hahaha... It's okay as long as the taste is just worth the price. Setuju ya dears para pecinta kuliner?

KHAS BANYUMAS

Teman-teman yang asalnya dari Banyumasmana suaranyaaa? Begini deh, saya sebenarnya punya beberapa pertanyaan. Anda semua pada bingung kagak sih pas pertama baca nama makanan ini "Pisang Keju Banyumasan" di gerobak dagang mereka? Kalau saya pribadi sih jujur sempat yang kayak bingung gitu at the first moment I read it. Yes, because I came from Banyumas.

Iya saya ini orang asli Banyumas dan sepanjang yang saya tahu daerah saya tidak memiliki makanan khas berupa pisang goreng. Di sejarah berdirinya kabupaten Banyumas (dulunya karesidenan Banyumas) juga di mata pelajaran Budaya Banyumasan waktu SD dan SMP guru saya tidak pernah menyampaikan materi semacam itu (pisang goring keju khas Banyumas). Tapi entah ya kalau ini makanan khas ternyata baru saja ada belakangan ini. Hehehe... Mungkin saya yang kudet alias kurang update jadi tidak tahu.

Setahu saya sih makanan khas Banyumas(yang terkenal) itu ya mendoan, gethuk goreng, keripik tempe, soto Sokaraja, nopia, cimplung, jalabia, inthil, galundeng, temlek, gathot, ciwel, cenil. Nah ketika pisang goreng keju tiba-tiba dikasih label khas Banyumaskan agak bertanya-tanya juga saya jadinya. Menurut teman-teman pisang keju ini termasuk makanan khas Banyumas apa bukan?

Teman-teman netizen barangkali ada yang berasal dari daerah yang sama dengan saya dan tahu asal usulnya kenapa si pisang kejuini bisa dibilang khas Banyumasan. Silakan berkomentar ya, ditunggu banget loh. Hehe... Thanks in advance!

REVIEW PISANG KEJU BANYUMASAN


Hmm Kok Ada yang Beda


Malam ini sudah kali kesekian saya order snackberat dengan topping keju tersebut sejak dibukanya cabang di area Universitas Negeri Semarang. Meski masih bisa dihitung dengan jari, saya tidak lupa kok bagaimana rasa pisang keju ini waktu pertama kali beli. Dulu itu pisangnya pakai pisang kepok kuning dan kejunya banyak. Hanya saja selama 2 order terakhir ini kok saya mendapati ada hal yang berubah dari jajanan pisang keju ini.

Kali pertama saya beli, rasanya benar-benar mantap dan pisangnyapun besar-besar. Si pedagang menggunakan pisang jenis kepok kuning. Iya saya paham jenis-jenis pisangsoalnya kan asal saya memang dari kampung dan hobi main di dapur juga. Eh iya teman-teman, tidak semua jenis pisang cocok untuk digoreng loh.

Contohnya pisang susu dan pisang ambon nangka itu kurang cocok untuk digoreng. Nanti dia akan jadi terlalu lembek bahkan mendekati hancur. Parahnya lagi, jika Anda masih nekat menggoreng jenis pisang ini (kondisi sudah masak ya) maka hasilnya pisang goreng akan sangat amat berminyak. Hati-hati loh nanti bisa memicu radang tenggorokan.

Nah pas saya beli kemarin di outlet Pisang Keju Banyumasan area UNNESlha kok pakainya pisang ambon nangka. Rasanya asam dengan sedikit manis dan pula teksturnya lembek. Setahu saya pisang ambon nangka tidak cocok diolah dengan cara digoreng. Pisang ini diiris tipis-tipis kemudian dibalut adonan tepung tebal lalu digoreng. Mungkin tujuannya supaya pisangnya tidak hancur ketika digoreng ya makanya tepungnya dibuat banyak. Jadinya seperti gambar di bawah ini:


Untungnya...

However, meski ada sedikit rasa kecewa dengan kualitas cemilan tersebut, saya tetap menyantap snack ini hingga tandas. Dibantu sama teman saya sih. Hehe... Soalnya banyak tepungnya, sementara saya sangat membatasi konsumsi tepung. Makanya harus punya asisten supaya tidak mubadzir.

Rasa krispinya masih konsisten yakni dengan rasa manis sedikit asin berpadu keharuman vanilla dan tekstur yang kriuk. Komposisi adonan tepungnya selalu pas dan seimbang, tidak terlalu manis. Juaraaa! Sayangnya yang saya beli malam ini kok agak gosong ya. Hehe...

HARGA

Jreng jreeng….. Berapa harga Pisang Keju Banyumasan? Camilan ini dijual per kotak dengan harga yang cukup terjangkau oleh kantong mahasiswa. Satu kotak pisang keju Banyumasan ini setara dengan seporsi nasi kotak ala warteg lengkap dengan sayur, tempe goreng, dan segelas teh hangat. Nah lo berapa coba tebak harganya?

Tidak mahal dan tidak murah. Anda dapat menikmati sekotak jajan pisang keju ini dengan merogoh kocek sebesar Rp 9.000,- saja. Worth the price guys! Ayo deh pada beli jangan sampai susah tidur gara-gara penasaran sama kriuknya! Nyummm…

LIKES

-Komposisi bumbu pada adonan tepungnya pas
-Rasanya enak dan konsisten
-Cocok untuk ngemil
-Bisa bikin kenyang

DISLIKES

-Biasanya pakai kepok kuning tapi kadang pake ambon nangka yang kecut
-Perbandingan antara tepung dan pisang terlalu jauh
-Kurang suka dengan tambahan susu coklatnya

SARAN

Saran dari saya, akan lebih baik kalau jenis pisang yang digunakan untuk membuat pisang keju ini konsisten dengan satu jenis pisang saja. Kalau setiap kali jenis pisangnya berganti-ganti, bisa jadi pelanggan yang dulunya rutin order jadi malas untuk kembali karena rasa yang jadi kurang prima akibat penggunaan jenis pisang yang kurang tepat.

Saran yang kedua, tidak semua pembeli menyukai dan atau mengkonsumsi produk susu. Ada sebagian yang alergi terhadap susu. Sebaiknya penjual menanyakan dulu kepada pembeli apakah menginginkan topping susu atau tidak.


CAUTION!!!

Meski kaya akan berbagai zat gizi, mengkonsumsi pisang tetap harus sesuai pada aturannya. Untuk mendapatkan manfaat buah dari keluarga Musaceae secara maksimal sebaiknya Anda:
-Tidak mengkonsumsi pisang dalam keadaan perut kosong
-Tidak mengkonsumsi pisang dalam jumlah berlebih
-Tidak mengkonsumsi pisang yang belum benar-benar masak

Well, demikian tadi Review Pisang Keju Banyumasan ala Diens. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat memberikan kebaikan untuk teman-teman para pembaca tulisan-tulisan saya dimanapun berada. Tetap stay tune di sini untuk mendapatkan review dan info kuliner menarik lainnya. XOXO

Terimakasih.

(dinierianggara)


Demikianlah Artikel [REVIEW] Pisang Keju Banyumasan Cabang UNNES

Sekianlah artikel [REVIEW] Pisang Keju Banyumasan Cabang UNNES kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel [REVIEW] Pisang Keju Banyumasan Cabang UNNES dengan alamat link https://kumpulan-masakan-dunia.blogspot.com/2017/08/review-pisang-keju-banyumasan-cabang.html

Komentar

Paling Populer

Resep Cara Membuat Chicken Steak ala Waroeng Steak

[TIPS] Menghilangkan Bau Prengus Pada Kikil

Resep Cara Membuat Sate Ayam Empuk + Sambal Kacang

Resep bumbu pengetan ikan bader ala Semua Resep Ibu

Resep Cara Membuat Ayam Penyet Empuk

Resep Sambal Pencok Kacang Panjang by @chichiwiranata

Resep Garang Asem Ayam + Kuah Bening Seger

Resep Rahasia Cara Membuat Es Krim Walls dan Campina

Resep bakso goreng pedas by @deviirwantari

Resep Masakan Tumis Cumi Pete By @dewi.yuliana23