Apakah Susu Kambing Baik Bagi Kesehatan? Baca Fakta Ini Dulu!

Apakah Susu Kambing Baik Bagi Kesehatan? Baca Fakta Ini Dulu! - Hallo sahabat Resep Masakan Dunia Terlengkap, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Apakah Susu Kambing Baik Bagi Kesehatan? Baca Fakta Ini Dulu!, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Dairy, Artikel Minuman, Artikel Review, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Apakah Susu Kambing Baik Bagi Kesehatan? Baca Fakta Ini Dulu!
link : Apakah Susu Kambing Baik Bagi Kesehatan? Baca Fakta Ini Dulu!

Baca juga


Apakah Susu Kambing Baik Bagi Kesehatan? Baca Fakta Ini Dulu!


Susu kambing telah begitu populer di kalangan masyarakat, termasuk di Indonesia. Sementara susu kambing baru menanjak popularitasnya di Indonesia baru-baru ini, masyarakat India telah mengkonsumsi susu kambing sejak masa nenek moyangnya dahulu. Konon kabarnya orang India lebih memilih susu kambing daripada susu sapi. Yap! Ada banyak sekali penggemar susu kambing di India dan mereka mengklaim bahwa susu kambing sangat baik manfaatnya untuk kesehatan.

Jika Anda merasa ragu kalau-kalau asupan kalsium untuk tubuh Anda akan berkurang jika tidak mengkonsumsi susu sapi, yakinkanlah dulu diri Anda. Percayalah bahwa susu kambing juga kaya akan kandungan kalsium.

Kandungan Gizi Susu Kambing

Apa yang ditawarkan dari segelas susu kambing? Para dokter sepakat bahwa banyak kandungan nutrisi dalam susu kambing sama dengan yang terdapat pada ASI (air susu ibu). Dalam satu gelas susu kambing terdapat hampir 170 kalori, 10 gram protein, 27 mg kolesterol, 11 mg karbohidrat, dan 6.3 mg lemak jenuh. Selain itu di dalam satu gelas susu kambing juga terkandung selenium, zinc, copper, potasium, fosfor, magnesium, riboflavin, vitamin A, B2, C, dan D. Kandungan gizi tersebut masih belum semuanya. Selain kandungan gizinya, Anda juga harus tahu beberapa kelebihan susu kambing yang akan dibahas di poin berikutnya.


Kelebihan Susu Kambing

Susu kambing dikenal memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan susu hewan lainnya. Nilai lebih dari susu kambing ini juga telah banyak dimuat di berbagai media, termasuk internet. Beberapa keunggulan susu kambing telah saya rangkum dalam uraian di bawah ini:

Mudah Dicerna
Susu kambing lebih mudah dicerna oleh tubuh daripada susu sapi karena molekul lemak di dalam susu kambing relatif lebih kecil daripada susu sapi. Ukuran molekul lemak yang kecil tersebut membuat tekstur susu kambing menjadi lebih lembut di lidah. 

Baik Bagi Jantung
Susu kambing juga baik bagi kesehatan jantung Anda. Susu kambing dapat meningkatkan meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Kandungan asam lemak esensial seperti linoleat dan arakidonat dalam susu kambing lebih cepat diserap tubuh dan tidak akan disimpan dalam bentuk lemak. Selain itu, susu kambing mampu menjaga kadar trigliserida sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Asam Lemak
Susu kambing juga mengandung asam lemak rantai sedang dalam jumlah lebih banyak daripada susu sapi. Dalam susu kambing terdapat 35% asam lemak rantai sedang, sedangkan susu sapi hanya memiliki 20% saja. Asam lemak ini dapat mencegah terjadinya berbagai masalah pencernaan dan juga masalah jantung.

Kaya Kandungan Kalsium
Dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing mengandung sedikit lebih banyak kalsium. Sudah menjadi rahasia umum jika kalsium sangat baik bagi kesehatan tulang. Ini juga termasuk manfaat yang dapat diambil dari konsumsi susu kambing. Anda dapat menjadikan susu kambing sebagai alternatif untuk mempertahankan kesehatan tulang.


Kesehatan Kulit
Susu kambing mengandung vitamin A yang akan membuat kulit Anda lembut dan sehat. Setelah konsumsi susu kambing secara teratur selama beberapa hari, kulit Anda akan tampak lebih sehat.

Mencegah Penyakit Syaraf
Kandungan zinc dan magnesium yang terdapat di dalam susu kambing dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit syaraf seperti radang otak, meningitis atau radang selaput otak, epilepsi, hidrocephalus, dan alzheimer.

Rendah Laktosa
Kandungan laktosa di dalam susu kambing relatif lebih rendah daripada susu sapi. Maka dari itu jika Anda atau salah satu anggota keluarga memiliki intoleransi terhadap laktosa atau jika Anda mengalami kesulitan dalam mencerna susu sapi, Anda bisa beralih pada susu sapi setelah berkonsultasi kepada dokter tentunya. Kandungan senyawa kasein alpha 1 di dalam susu kambing lebih sedikit daripada susu sapi sehingga memperkecil resiko terjadinya alergi. Seperti yang ditulis dalam berbagai jurnal ilmiah maupun buku kesehatan, senyawa tersebut merupakan salah satu penyebab alergi.

Penyerapan Nutrisi
Apakah susu kambing baik bagi kesehatan? Tubuh Anda diciptakan untuk dapat menyerap berbagai jenis nutrisi seperti magnesium, fosfor, iron, dan kalsium ketika mengkonsumsi susu kambing. Susu kambing dapat mencegah terjadinya osteoporosis, mal-absorption, dan anemia. 

Tips Mengkonsumsi Susu Kambing (PENTING!!!)
Dengan berbagai kandungan gizi, susu kambing bisa dijadikan sebagai alternatif bagi orang dewasa. Terutama bagi siapa saja yang memiliki gangguan penyerapan nutrisi, alergi terhadap susu sapi, anemia, osteoporosis, atau memiliki kadar kolesterol tinggi. 

Meskipun susu kambing diklaim memiliki nutrisi yang hampir setara dengan air susu ibu, pemberian susu kambing untuk bayi di bawah usia 2 tahun sangat tidak direkomendasikan. Bayi yang masih berusia di bawah 2 tahun belum memiliki sistem pencernaan yang kuat untuk menerima makanan selain ASI. Pemberian susu kambing pada bayi di bawah 2 tahun berpotensi meningkatkan resiko terjadinya iritasi usus.

Di samping itu, Anda juga harus memastikan ada label 'Bebas Bovine Growth Hormone (BHG)' pada kemasan sebelum membeli susu kambing.

Itu dia ulasan mengenai kandungan gizi yang terdapat di dalam susu kambing serta aneka manfaat kesehatan yang bisa diambil dari segelas susu kambing. Setelah membaca artikel ini, akankah Anda berpikiran untuk mengganti susu sapi menjadi susu kambing? Atau juga mengkonsumsi keduanya?

Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya! ^_^

(dinierianggara)



Demikianlah Artikel Apakah Susu Kambing Baik Bagi Kesehatan? Baca Fakta Ini Dulu!

Sekianlah artikel Apakah Susu Kambing Baik Bagi Kesehatan? Baca Fakta Ini Dulu! kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Apakah Susu Kambing Baik Bagi Kesehatan? Baca Fakta Ini Dulu! dengan alamat link https://kumpulan-masakan-dunia.blogspot.com/2017/09/apakah-susu-kambing-baik-bagi-kesehatan.html

Komentar

Paling Populer

Resep Cara Membuat Chicken Steak ala Waroeng Steak

[TIPS] Menghilangkan Bau Prengus Pada Kikil

Resep Cara Membuat Sate Ayam Empuk + Sambal Kacang

Resep bumbu pengetan ikan bader ala Semua Resep Ibu

Resep Cara Membuat Ayam Penyet Empuk

Resep Sambal Pencok Kacang Panjang by @chichiwiranata

Resep Garang Asem Ayam + Kuah Bening Seger

Resep Rahasia Cara Membuat Es Krim Walls dan Campina

Resep bakso goreng pedas by @deviirwantari

Resep Masakan Tumis Cumi Pete By @dewi.yuliana23