Cara Agar Kentang Tidak Menghitam Setelah Dikupas

Cara Agar Kentang Tidak Menghitam Setelah Dikupas - Hallo sahabat Resep Masakan Dunia Terlengkap, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Agar Kentang Tidak Menghitam Setelah Dikupas, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ala Diens, Artikel Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Agar Kentang Tidak Menghitam Setelah Dikupas
link : Cara Agar Kentang Tidak Menghitam Setelah Dikupas

Baca juga


Cara Agar Kentang Tidak Menghitam Setelah Dikupas



Hai temans, selamat berjumpa lagi dengan saya di blog ini. Hari ini kita akan membahas tentang tips memasak kentang. Masih seputar dunia yang isinya panci, wajan, dan kawan-kawannya pastinya. Apakah Anda pernah merasa kesal karena kentang yang sudah Anda potong tiba-tiba berubah warna menjadi hitam? Padahal Anda baru meninggalkan selama beberapa menit saja, tapi warna kentangnya sudah berubah begitu drastis. Jika jawabannya adalah pernah, baca terus artikel saya hingga paripurna.

Persoalan kentang menjadi hitam setelah dikupas juga pernah membuat saya jadi tidak mood untuk memasak. Bagaimana tidak? Tadinya saya sangat bersemangat mau memasak sambal goreng kentang. Setelah kentang diiris kotak-kotak, saya tinggalkan ke depan sebentar sekitar 10 menit. Ketika saya kembali ke dapur eh langsung disuguhi pemandangan irisan kentang yang menghitam jelek sekali.

Kentang yang sudah berubah warna menjadi hitam seperti itu tentu saja tidak menarik lagi penampilannya. Ketika dimasak juga warnanya kusam dan tidak menggugah selera. Akan tetapi karena sudah terlanjur dipotong-potong seperti itu ya sudahlah akhirnya tetap saya olah. Hehehe...

Mengapa Kentang Menjadi Hitam Setelah Dikupas?

Proses perubahan warna yang terjadi pada kentang yang telah dikupas dan dipotong hampir sama dengan yang terjadi pada buah apel. Di dalam kentang terdapat sebuah zat yang tidak dapat bersinggungan dengan oksigen di udara. Jika hal itu tetap terjadi maka akan terjadi proses yang dinamakan oksidasi. Proses inilah yang membuat kentang berubah warna menjadi hitam setelah dikupas.

Cara Agar Kentang Tidak Menghitam Setelah Dikupas


Untuk mencegah agar kentang agar jangan sampai berubah warna menjadi kecoklatan apalagi kehitaman setelah dikupas, proses oksidari harus dihentikan. Artinya Anda harus membuat kentang tersebut tidak bersinggungan secara langsung dengan udara bebas. Bagaimana caranya?

Caranya sangat mudah, bahkan anak kecil pun pasti bisa. Yang perlu Anda lakukan adalah melarutkan 2 sendok makan garam dapur ke dalam 1 liter air (jumlah air dapat menyesuaikan banyaknya kentang), kemudian masukkan kentang yang telah dikupas tadi ke dalam larutan tersebut. Atau jika Anda hanya memasak dalam jumlah sedikit, cukup rendam potongan kentang di dalam air bersih maka kentang tidak akan berubah warna.

Jika Anda memotong kentang dalam jumlah agak banyak sekaligus, misalnya untuk dimasak selama 3 hari ke depan caranya adalah dengan merendam kentang dalam larutan 1 liter air yang telah ditambahkan 2 sdm garam dan 1 sdm kapur sirih  kemudian tiriskan. Kentang yang telah melalui proses ini tidak akan berubah coklat meski tidak direndam dalam air terus menerus.

Kentang Berwarna Kehijauan
Pernahkah Anda menyimpan kentang di luar ruangan dalam waktu yang cukup lama kemudian di suatu hari Anda mendapati kentang tersebut sudah berubah warna menjadi agak kehijauan? Jika kentang sudah tidak seperti awalnya lagi sebaiknya dibuang saja atau ditanam lagi.

Kentang yang sudah berubah warna menjadi agak kehijauan sudah mengandung racun bernama solanin. Jika tetap dikonsumsi racun tersebut bisa berbahaya bagi tubuh. Maka pastikan seluruh anggota keluarga Anda mengetahui informasi penting ini.

Memasak memang terdengar seperti hal yang sepele. Namun sebenarnya terdapat banyak sekali ilmu yang perlu untuk dipelajari di dalamnya. Untuk mendapatkan pengalaman tentang kentang yang menghitam ini saya memerlukan berkali-kali proses memasak. Iya karena memang keluarga saya tergolong jarang memasak kentang. Maka dari itu saya pikir lebih baik untuk menuliskan pengalaman saya di sini. Siapa tahu ada diantara Anda yang sedang mencari informasi mengenai kenapa kentang berubah hitam setelah dikupas, semoga informasi ini bisa membantu.

Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya! ^_^

(diens)



Demikianlah Artikel Cara Agar Kentang Tidak Menghitam Setelah Dikupas

Sekianlah artikel Cara Agar Kentang Tidak Menghitam Setelah Dikupas kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Agar Kentang Tidak Menghitam Setelah Dikupas dengan alamat link https://kumpulan-masakan-dunia.blogspot.com/2017/09/cara-agar-kentang-tidak-menghitam.html

Komentar

Paling Populer

Resep Cara Membuat Chicken Steak ala Waroeng Steak

[TIPS] Menghilangkan Bau Prengus Pada Kikil

Resep Cara Membuat Sate Ayam Empuk + Sambal Kacang

Resep bumbu pengetan ikan bader ala Semua Resep Ibu

Resep Cara Membuat Ayam Penyet Empuk

Resep Sambal Pencok Kacang Panjang by @chichiwiranata

Resep Garang Asem Ayam + Kuah Bening Seger

Resep Rahasia Cara Membuat Es Krim Walls dan Campina

Resep bakso goreng pedas by @deviirwantari

Resep Masakan Tumis Cumi Pete By @dewi.yuliana23