9 Alasan Mengapa Tomat Harus Ada Dalam Menu Anda

9 Alasan Mengapa Tomat Harus Ada Dalam Menu Anda - Hallo sahabat Resep Masakan Dunia Terlengkap, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 9 Alasan Mengapa Tomat Harus Ada Dalam Menu Anda, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Buah, Artikel Buah & Sayur, Artikel Sayur, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 9 Alasan Mengapa Tomat Harus Ada Dalam Menu Anda
link : 9 Alasan Mengapa Tomat Harus Ada Dalam Menu Anda

Baca juga


9 Alasan Mengapa Tomat Harus Ada Dalam Menu Anda


Tomat! Buah dengan warna menggoda ini manis, memiliki kandungan air yang tinggi dan yes, lezat. Semua orang tahu bahwa buah ini baik untuk kesehatan. Tentu saja! Namun tahukah mereka alasan-alasan dibalik klaim bahwa tomat baik bagi kesehatan Anda? Apakah karena dia kaya akan kandungan vitamin C? Bebas lemak jahat? Rendah kalori? Betul sekali, itu tadi beberapa dari khasiat yang bisa didapatkan dari buah tomat. Tapi itu belum semuanya.

Yuk kita cari tahu lagi kenapa tomat ini merupakan pilihan yang tepat untuk dijadikan makanan pendukung kesehatan kita.

Satu porsi tomat merah yang telah masak dalam kondisi segar (sekitar 150 gram) merupakan sumber vitamin A, C, K, folat, dan potasium yang baik. Secara alami, tomatrendah dalam hal kandungan sodium, lemak jenuh, kolesterol, dan kalori. Tomat juga kaya akan asupan thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor, dan copper. Sudah jadi rahasia umum jika semua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh demi mendapatkan kesehatan yang baik.

Hal yang paling penting, dari seporsi sajian tomat Anda akan mendapatkan 2 gram serat, dimana jumlah tersebut adalah sekitar 7% dari kebutuhan serat harian tubuh. Tomatjuga relatif memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Hal ini tentu baik untuk tubuh agar tidak sampai mengalami dehidrasi. Selain itu, juga bisa membuat perut Anda merasa kenyang. Secara umum, mengkonsumsi banyak sayur dan buah, termasuk tomat, akan memberikan tubuh kita perlindungan dari kondisi medis tertentu seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, stroke, dan juga penyakit jantung yang mematikan.


Kulit yang Sehat

Tomat dapat membuat kulit Anda tampak bagus. Betakaroten yang juga dapat ditemukan di dalam wortel dan ubi manis dapat memberikan perlindungan terhadap kulit dari serangan buruk sinar ultraviolet. Lycopene yang ada dalam tomatjuga akan membuat kulit menjadi tidak begitu sensitif terhadap efek buruk sinar UV yang dikenal sebagai penyebab munculnya garis halus dan keriput di kulit. Sangat tepat untuk mengkonsumsi tomatjika Anda ingin menghindari munculnya penuaan dini.

Tulang yang Kuat

Tomat dapat membangun struktur tulang yang kuat. Baik itu vitamin K maupun kalsium di dalam buah tomat, keduanya sangat baik untuk memperkuat dan memperbaiki kondisi kerusakan tulang. Lycopene juga telah terbukti dapat meningkatkan massa atau kepadatan tulang, dimana hal ini sangat bagus untuk melawan osteoporosis.

Melawan Kanker

Tahukah Anda bahwa tomat adalah zat pelawan kanker alami? Licopene lagi-lagi dapat mengurangi resiko beberapa jenis penyakit kanker seperti kanker prostat, kanker serviks, kanker mulut, kanker faring, kanker tenggorokan, kanker esofagus, kanker perut, kanker kolon, kanker dubur, kanker prostat, dan kanker ovarium. Antioksidan yang terdapat pada tomat berupa vitamin A dan C mampu bekerja melawan radikal bebas yang dapat merusak sel.

Gula Darah

Tomat dapat menjaga kadar gula darah Anda agar tetap berada pada batas normal. Tomatmerupakan sumber kromium yang sangat baik dimana zat ini bekerja membantu menstabilkan kadar gula dalam darah. Bagi para pengidap diabetes, tomat bisa dijadikan buah yang bersahabat.

Penglihatan

Tomat dapat meningkatkan kualitas penglihatan Anda. Vitamin A yang terdapat pada buah tomat dapat memperbaiki penglihatan Anda dan mengurangi rabun senja. Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa mengkonsumsi tomat dapat membantu mengurangi resiko degenerasi makular, suatu kondisi kesehatan mata yang serius dan tidak dapat disembuhkan.

Rambut

Tomat bahkan akan membuat rambut Anda menjadi lebih cantik. Vitamin A yang terdapat pada tomat akan bekerja dengan baik untuk membuat rambut lebih kuat dan berkilau. Tapi meski demikian ternyata tomattidak bisa terlalu membantu untuk masalah penipisan rambut. Tapi setidaknya tomat dapat membuat rambut tampak lebih baik pada kondisi tersebut.

Mencegah Batu Ginjal dan Batu Empedu

Tomat bisa membantu mencegah terjadinya batu ginjal dan batu empedu. Penelitian menyebutkan bahwa batu ginjal dan batu empedu cenderung tidak muncul pada orang-orang yang dalam hidupnya mengkonsumsi tomat tanpa bijinya.

Nyeri

Tomat dapat meredakan rasa nyeri. Jika Anda termasuk satu dari jutaan orang yang sering mengalami nyeri baik itu nyeri ringan hingga sedang seperti artritis dan nyeri punggung, tomat dapat dijadikan alternatif sebagai pereda nyeri. Tomat memiliki kandungan bioflavonoid yang tinggi yang dikenal sebagai zat anti inflamasi.

Rasa nyeri seringkali muncul berhubungan dengan adanya kondisi inflamasi kronis, jadi menyasar tepat pada bagian tersebut adalah cara yang pas untuk meredakan rasa nyeri. (Banyak jenis obat-obatan anti nyeri di pasaran pada dasarnya adalah sama dengan obat anti inflamasi).

Mengurangi Berat Badan

Tomat dapat membantu Anda dalam program diet alias menurunkan berat badan. Jika Anda sedang melakukan program diet dan latihan terstruktur untuk mendapatkan berat badan ideal, masukkan banyak tomat ke dalam menu harian Anda. Mereka adalah camilan yang baik dan juga bisa dimanfaatkan untuk bahan tambahan dalam salad, sandwhich, atau makanan lainnya dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Karena tomat mengandung banyak air dan serat, maka para pengamat berat badan pun menyebutnya sebagai makanan pengisi, yakni jenis makanan yang membuat Anda merasa kenyang tanpa harus menambahkan lebih banyak lemak atau kalori.

Cara Mudah Untuk Menyantap Lebih Banyak Tomat

1. Tambahkan irisan tomat pada sandwhich Anda

2. Beri potongan tomat dalam salad Anda, biarkan dalam suhu ruangan jika memungkinkan
3. Gunakan saus tomat buatan sendiri dalam pasta atau mie.

4. Minum jus tomat atau jus sayuran dengan tomat.
5. Tomat untuk sarapan? Tambahkan irisan atau cincangan tomatdi atas telur dadar.
6. Makan tomat untuk camilan sore.

7. Buat sandwhich tomat dengan mayonnaise.
8. Tambahkan tomat ke dalam sup.
9. Tambahkan tomat pada menu kentang rebus atau panggang.

Jika tidak menyukai saran penyajian menu tomat yang telah disebutkan di atas, Anda dapat mengkreasikan menu dan kreasi resep berbahan dasar tomat ala Anda sendiri. Pastinya seru dan menantang kreativitas di dapur.

So, tunggu apalagi, mulai konsumsi tomat dari sekarang yuk?!


Well, sekian dulu tulisan kali ini yang membahas mengenai berbagai khasiat tomat untuk kesehatan. Terimakasih telah mampir. Nantikan terus tips lain tentang makanan dan minuman favorit Anda hanya di sini. XOXO

(dinierianggara)


Kata kunci terkait:
- tomat mengandung vitamin
- tomat untuk wajah
- tomat bermanfaat sebagai
- tomat banyak mengandung vitamin
- tomat dan khasiatnya
- khasiat tomat
- manfaat tomat



Demikianlah Artikel 9 Alasan Mengapa Tomat Harus Ada Dalam Menu Anda

Sekianlah artikel 9 Alasan Mengapa Tomat Harus Ada Dalam Menu Anda kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 9 Alasan Mengapa Tomat Harus Ada Dalam Menu Anda dengan alamat link https://kumpulan-masakan-dunia.blogspot.com/2017/10/9-alasan-mengapa-tomat-harus-ada-dalam.html

Komentar

Paling Populer

Resep Cara Membuat Chicken Steak ala Waroeng Steak

[TIPS] Menghilangkan Bau Prengus Pada Kikil

Resep Cara Membuat Sate Ayam Empuk + Sambal Kacang

Resep bumbu pengetan ikan bader ala Semua Resep Ibu

Resep Cara Membuat Ayam Penyet Empuk

Resep Sambal Pencok Kacang Panjang by @chichiwiranata

Resep Garang Asem Ayam + Kuah Bening Seger

Resep Rahasia Cara Membuat Es Krim Walls dan Campina

Resep bakso goreng pedas by @deviirwantari

Resep Masakan Tumis Cumi Pete By @dewi.yuliana23