Resep Cara Membuat Ayam Tepung Crispy ANTI BANTAT

Resep Cara Membuat Ayam Tepung Crispy ANTI BANTAT - Hallo sahabat Resep Masakan Dunia Terlengkap, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Resep Cara Membuat Ayam Tepung Crispy ANTI BANTAT, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Resep Masakan Ayam, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Cara Membuat Ayam Tepung Crispy ANTI BANTAT
link : Resep Cara Membuat Ayam Tepung Crispy ANTI BANTAT

Baca juga


Resep Cara Membuat Ayam Tepung Crispy ANTI BANTAT



Ayam tepung crispy atau yang sering juga disebut dengan friedchicken menjadi makanan favorit bagi kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa. Salah satu perusahaan friedchicken terbesar di dunia yaitu KFC dan McDonald, keduanya juga sangat terkenal di Indonesia, bahkan hampir di setiap kota ada. Walaupun di KFC dan McDonald harganya terbilang mahal, tapi tetap saja selalu ramai karena memang rasanya yang enak dan memanjakan lidah. Namun bagi sebagian orang merasa harga tersebut kurang bersahabat, oleh karena itu muncul banyak outlet atau resto yang meniru semacam KFC dan menjual dengan harga cukup terjangkau. Tidak hanya itu waralaba atau franchise juga banyak yang bermunculan dengan menjual friedchicken.
Banyak diantara kita yang sudah mencoba membuat ayam friedchicken tapi hasilnya bantat atau tidak crispy. lalu bagaimana sih caranya supaya tepungnya menjadi crispy seperti di KFC atau McDonald?
Apa sih rahasianya?
Ternyata rahasianya ada pada cara pengolahan ayam dan tepung, untuk lebih jelasnya yuk kita simak apa saja bahannya dan bagaimana cara membuatnya.


Bahan-bahan:
  • 1/2 kg daging ayam, bisa dada, paha atas, atau paha bawah.
  • 1 kg tepung, boleh menggunakan tepung bermerk, kalau saya biasanya beli tepung friedchicken di toko roti. Tapi jika ingin praktis, bisa menggunakan tepung bermerk yang mudah ditemui.
  • 100 gr bumbu marinasi, bumbu marinasi memang di pasaran agak jarang. Kalau saya biasanya membeli di Superindo atau Supermarket biasanya juga ada. Jika lokasi Anda jauh dari supermarket, beli lewat online juga banyak yang menjual tepung marinasi.
  • Air secukupnya. Gunakan air yang bersih, air mentah tidak apa apa asalkan airnya cukup bersih dan tidak bau.

Proses Merendam Ayam menggunakan Bumbu Marinasi:
  • Potong Ayam sesuai ukuran yang Anda inginkan, bila belinya ayam yang sudah potongan seperti dada, paha atas, paha bawah, maka tidak perlu dipotong lagi. 
  • Cuci daging ayam hingga bersih, dan tidak meninggalkan sisa darah. Setelah dicuci bersih, tiriskan.
  • Masukkan potongan ayam ke dalam baskom atau wadah, lalu lumuri semua bagian daging ayam dengan bumbu marinasi
  • Masukkan semua daging ayam yang sudah dilumuri bumbu marinasi ke dalam plastik, kmudian ikatlah sampai rapat
  • Masukkan ayam yang sudah dibungkus plastik ke dalam kulkas selama minimal 4 jam, agar bumbu marinasi meresap ke dalam daging ayam.
  • Setelah 4 jam, keluarkan ayam dari bungkus plastik, apabila membeku maka cairkan lebih dahulu. Bila ingin lebih cepat cair, ayam yang masih dalam bungkusan plastik bisa direndam menggunakan air hangat.

Cara membuat ayam tepung fried chicken:
  1. Siapkan tiga buah wadah, bisa menggunakan baskom. Saya kasih nama baskom A, baskom B, dan baskom C. Masukkan 500 gram tepung crispy ke dalam baskom A, masukkan 500 gram tepung crispy ke dalam baskom B, dan baskom C berisi air untuk merendam ayam.
  2. Ambil satu potong ayam, masukkan ke dalam tepung crispy pada baskom A, gulingkan menggunakan jari jari tangan Anda. INGAT jangan sampai menekan daging ayam ketika menggulingkan, karena apabila menekan daging ayam maka akan jadi bantat dan tidak crispy. Gulingkan hingga rata.
  3. Celupkan potongan ayam yang sudah terbalut tepung crispy ke dalam air pada baskom C. biarkan terendam kurang lebih 2 menit (tidak usah khawatir tepungnya luntur). Sembari menunggu, kita bisa melakukan langkah ke-2 untuk potongan ayam yang lain.
  4. Setelah balutan ayam direndam, masukkan ke dalam baskom B, guling gulingkan menggunakan jari jari tangan hingga benar benar terbalut rata dan INGAT sekali lagi jangan sampai menekan atau meremas daging ayam ketika menggulingkan.
  5. Siapkan wajan, masukkan minyak goreng sebanyak hingga membuat ayam terendam. Panaskan hingga minyak siap untuk menggoreng.
  6. Setelah minyak panas, goreng ayam dari baskom B, gunakan api sedang agar tidak cepat gosong. Goreng hingga tepung berwarna kuning kecoklatan. Setelah matang, angkat lalu tiriskan.
  7. Lakukan dari langkah ke-2 hingga langkah ke-6 hingga semua potongan ayam habis tergoreng semua.
  8.  Ayam tepung crispy friedchicken ala KFC siap untuk dihidangkan. Sajikan bersama saus cabai dan/atau saus tomat.
Demikian cara membuat ayam tepung crispy friedchiken, jika proses pembuatannya mengikuti langkah-langkah di atas, saya yakin hasilnya akan menjadi crispy dan tidak bantat.
Jika ingin membuat ayam tepung crispy pedas, Anda bisa gunakan tepung crispy pedas. Sekarang tepung crispy yang bermerk juga sudah ada yang rasa pedas.

Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan.



Demikianlah Artikel Resep Cara Membuat Ayam Tepung Crispy ANTI BANTAT

Sekianlah artikel Resep Cara Membuat Ayam Tepung Crispy ANTI BANTAT kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Resep Cara Membuat Ayam Tepung Crispy ANTI BANTAT dengan alamat link https://kumpulan-masakan-dunia.blogspot.com/2018/04/resep-cara-membuat-ayam-tepung-crispy.html

Komentar

Paling Populer

Resep Cara Membuat Chicken Steak ala Waroeng Steak

[TIPS] Menghilangkan Bau Prengus Pada Kikil

Resep Cara Membuat Sate Ayam Empuk + Sambal Kacang

Resep bumbu pengetan ikan bader ala Semua Resep Ibu

Resep Cara Membuat Ayam Penyet Empuk

Resep Sambal Pencok Kacang Panjang by @chichiwiranata

Resep Garang Asem Ayam + Kuah Bening Seger

Resep Rahasia Cara Membuat Es Krim Walls dan Campina

Resep bakso goreng pedas by @deviirwantari

Resep Masakan Tumis Cumi Pete By @dewi.yuliana23