Resep Cara Membuat Ikan Goreng Gurame + Sambal Lamongan

Resep Cara Membuat Ikan Goreng Gurame + Sambal Lamongan - Hallo sahabat Resep Masakan Dunia Terlengkap, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Resep Cara Membuat Ikan Goreng Gurame + Sambal Lamongan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Resep Masakan Ikan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Cara Membuat Ikan Goreng Gurame + Sambal Lamongan
link : Resep Cara Membuat Ikan Goreng Gurame + Sambal Lamongan

Baca juga


Resep Cara Membuat Ikan Goreng Gurame + Sambal Lamongan


Ikan gurame merupakan salah satu jenis ikan tawar. Ikan Gurame sudah cukup dikenal oleh masyarakat. Ya, ikan gurame memang lebih dikenal ikan gurame bakar. Karena rata-rata warung ikan bakar biasanya menyediakan menu ikan gurame bakar, dan ikan gurame bakar sudah menjadi favorit bagi banyak orang.
Namun untuk resep kali ini kita tidak membuat ikan gurame bakar, melainkan ikan gurame goreng. Ikan gurame goreng jarang kita temui, tetapi perlu kita ketahui juga bahwa ikan gurame goreng juga tidak kalah enaknya dengan ikan gurame bakar. Karena daging yang tebal dan empuk inilah yang membuat ikan gurame menjadi ikan favorit bagi orang-orang.
Cara membuat ikan gurame goreng cukup mudah, bahkan lebih mudah dan simpel dibandingkan dengan membuat ikan gurame bakar. Jadi bagi kita yang ingin memasak ikan gurame dan tidak punya banyak waktu, membuat ikan gurame goreng bisa menjadi solusinya karena cara membuatnya yang simpel dan tidak menghabiskan banyak waktu. Namun rasanya tetap enak tidak kalah dengan ikan gurame bakar.
Selain cara membuat ikan goreng gurame, pada tutorial resep kali ini kita juga akan bersama sama membuat sambal sebagai pelengkap ikan goreng gurame, sehingga dapat menambah kelezatan.
Nah apa saja bumbu dan bahan bahannya serta bagaimana cara membuatnya? mari langsung saja kita simak yang berikut ini.

Bahan Ikan Goreng Gurame:

  • 1 ekor ikan gurame dengan berat kurang lebih 600 gram, cuci hingga bersih, lalu belah menjadi dua bagian badan ikan di bagian kiri dan kanan dengan cara dipisahkan antara daging dan tulang durinya mulai dari ekor ke arah kepala ikan tetapi jangan sampai terputus
  • 1 sendok makan air perasan jeruk nipis
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh jahe, parut
  • Minyak goreng secukupnya, untuk menggoreng

Bahan Sambal:
  • 3 sendok makan cabai merah, iris
  • 1 sendok makan cabai rawit hijau
  • 1 sendok makan bawang putih, iris
  • 2 sendok makan tauco
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok makan hula pasir
Haluskan bahan sambal di atas, menggunakan cobek atau bisa menggunakan blender.


Bahan Pelengkap:
  • Timun
  • Kubis / Kol
  • Kacang Panjang
  • Kemangi

Cara Membuat Ikan Goreng Gurame:
  1. Lumuri ikan gurame yang sudah dibersihkan dan sudah dibelah menjadi 2 bagian, lumuri dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu beri garam dan jahe, diamkan kembali selama 30 menit hingga meresap ke dalam daging ikan
  2. Panaskan minyak goreng pada wajan, goreng ikan gurame hingga bagian belahan dagingnya melengkung jika ingin hasil gorengannya lebih renyah. Angkat lalu tiriskan.
  3. Sajikan bersama sambal dan lalapan.

Demikian langkah-langkah cara membuat ikan goreng gurame, selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan, sehingga keluarga Anda menyukainya.




Demikianlah Artikel Resep Cara Membuat Ikan Goreng Gurame + Sambal Lamongan

Sekianlah artikel Resep Cara Membuat Ikan Goreng Gurame + Sambal Lamongan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Resep Cara Membuat Ikan Goreng Gurame + Sambal Lamongan dengan alamat link https://kumpulan-masakan-dunia.blogspot.com/2018/04/resep-cara-membuat-ikan-goreng-gurame.html

Komentar

Paling Populer

Resep Cara Membuat Chicken Steak ala Waroeng Steak

[TIPS] Menghilangkan Bau Prengus Pada Kikil

Resep Cara Membuat Sate Ayam Empuk + Sambal Kacang

Resep bumbu pengetan ikan bader ala Semua Resep Ibu

Resep Cara Membuat Ayam Penyet Empuk

Resep Sambal Pencok Kacang Panjang by @chichiwiranata

Resep Garang Asem Ayam + Kuah Bening Seger

Resep Rahasia Cara Membuat Es Krim Walls dan Campina

Resep bakso goreng pedas by @deviirwantari

Resep Masakan Tumis Cumi Pete By @dewi.yuliana23