Resep Cara Membuat Kue Bika Ambon Halus & Lembut

Resep Cara Membuat Kue Bika Ambon Halus & Lembut - Hallo sahabat Resep Masakan Dunia Terlengkap, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Resep Cara Membuat Kue Bika Ambon Halus & Lembut, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Resep Kue/Roti, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Cara Membuat Kue Bika Ambon Halus & Lembut
link : Resep Cara Membuat Kue Bika Ambon Halus & Lembut

Baca juga


Resep Cara Membuat Kue Bika Ambon Halus & Lembut


Bika ambon merupakan salah satu jenis kue basah yang mempunyai ciri-ciri berwarna kuning dan berlubang lubang. Bika ambon tidak terbuat dari tepung terigu seperti kue yang lainnya, melainkan terbuat dari bahan dasar tepung sagu, oleh sebab itu bika ambon mempunyai tekstur agak kenyal.
Bika ambon mungkin belum begitu dikenal khususnya di daerah pedesaan atau daerah-daerah terpencil karena memang cukup jarang ada yang menjual bika ambon di daerah-daerah tersebut karena mungkin masih banyak yang belum bisa membuat kue bika ambon, ya walaupun ada yang menjual tapi sedikit. Walaupun ada yang mengatakan bika ambon tergolong kue tradisional, tetapi bika ambon lebih mudah ditemui di kota dari pada di pedesaan.
Bika ambon biasanya dijual di toko-toko kue dan roti, dan banyak juga ditemui di kios-kios yang menjual berbagi macam snack dan kue tradisional.
Nah bagi kita yang mungkin tinggal di daerah terpencil atau di daerah yang tidak ada penjual bika ambon, bukankah itu menjadi peluang usaha? alangkah baiknya kita bisa membuat bika ambon sendiri, syukur-syukur kalau kita bisa menjual bika ambon, lumayan kan buat nambah penghasilan.
Lalu bagaimana cara membuat kue bika ambon dan apa saja bahan bahannya? yuk langsung saja kita simak yang berikut ini.

Bahan-bahan Bika Ambon:

  • 175 gram gula pasir
  • 100 gram tepung sagu dengan kualitas terbaik
  • 200 ml santan kental
  • 1 lembar daun pandan rebus dan sudah didinginkan
  • 2 lembar daun jeruk
  • 10 kuning telur
  • 2 putih telur
  • minyak goreng secukupnya, sebagai olesan

Biang:
  • 1/2 sendok teh ragi instan
  • 50 gram tepung terigu
  • 50 ml air

Cara Membuat Kue Bika Ambon:
  1. Campurkan semua bahan Biang menjadi satu, aduk hingga rata. Diamkan selama 15 menit hingga mengembang, kemudian sisihkan.
  2. Kocok telur dan gula hingga putih dan mengental. Masukkan tepung sagu dan santan secara bergantian sambil diaduk hingga rata
  3. Tambahkan adonan Biang, aduk hingga tercampur rata. Tutup adonan dengan kain serbet yang bersih dan diamkan selama 10 jam.
  4. Siapkan cetakan kecil-kecil yang telah diolesi dengan minyak. Letakkan dan susun di atas panggangan yang berisi pasir. Biarkan hingga panas.
  5. Aduk adonan, tuangkan adonan ke dalam cetakan yang telah dipanaskan terlebih dahulu hingga berbunyi mendesis. Tutup panggangan dengan penutup yang berlubang hingga kue berlubang-lubang dan matang. Angkat.
  6. Penggang kembali menggunakan api atas hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan biarkan agak dingin.
  7. Keluarkan kue bika ambon yang sudah jadi dari cetakan
  8. Kue bika ambon siap untuk disajikan

Demikian langkah-langkah cara membuat kue bika ambon, selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan.


Demikianlah Artikel Resep Cara Membuat Kue Bika Ambon Halus & Lembut

Sekianlah artikel Resep Cara Membuat Kue Bika Ambon Halus & Lembut kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Resep Cara Membuat Kue Bika Ambon Halus & Lembut dengan alamat link https://kumpulan-masakan-dunia.blogspot.com/2018/04/resep-cara-membuat-kue-bika-ambon-halus.html

Komentar

Paling Populer

Resep Cara Membuat Chicken Steak ala Waroeng Steak

[TIPS] Menghilangkan Bau Prengus Pada Kikil

Resep Cara Membuat Sate Ayam Empuk + Sambal Kacang

Resep bumbu pengetan ikan bader ala Semua Resep Ibu

Resep Cara Membuat Ayam Penyet Empuk

Resep Sambal Pencok Kacang Panjang by @chichiwiranata

Resep Garang Asem Ayam + Kuah Bening Seger

Resep Rahasia Cara Membuat Es Krim Walls dan Campina

Resep bakso goreng pedas by @deviirwantari

Resep Masakan Tumis Cumi Pete By @dewi.yuliana23