Resep Cara Membuat Tempe Mendoan

Resep Cara Membuat Tempe Mendoan - Hallo sahabat Resep Masakan Dunia Terlengkap, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Resep Cara Membuat Tempe Mendoan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Resep Masakan Tempe/Tahu, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Cara Membuat Tempe Mendoan
link : Resep Cara Membuat Tempe Mendoan

Baca juga


Resep Cara Membuat Tempe Mendoan


Tempe mendoan adalah sebutan tari tempe yang dibalut dengan tepung kemudian digoreng atau yang disebut juga dengan tempe goreng tepung. Kata tempe mendoan itu dikenal di daerah Semarang ke timur. Kalau di daerah Batang, Pekalongan, Pemalang, dan sekitarnya, kata mendoan itu berarti tempe yang dibalut dengan tepung kemudian digoreng sebentar sehingga tempe goreng tepungnya masih agak lembek belum kering.
Tempe mendoan menjadi lauk favorit bagi semua kalangan, baik anak-anak hingga orang tua, baik masyarakat dengan ekonomi atas hingga bawah. Karena tempe mendoan mempunyai rasa yang gurih dan lezat serta harga yang sangat terjangkau. Pada umumnya tempe mendoan dijual dengan harga Rp 1.000, namun di berbagai daerah ada juga yang menjualnya dengan harga Rp 500, sehingga sangat terjangkau bagi semua orang.
Tempe mendoan digemari banyak orang karena tidak hanya untuk dijadikan lauk, melainkan cocok untuk cemilan. Pada acara-acara tertentu juga sering kita jumpai tempe mendoan menjadi salah satu hidangan snack, seperti pada acara rapat, pengajian, dan lain sebagainya. Karena hampir semua orang pasti doyan tempe mendoan.
Tempe mendoan sangat mudah untuk dijumpai, di berbagai jenis warung makan biasanya menyediakan tempe mendoan. Tidak hanya itu, sekarang di pinggir-pinggir jalan juga sudah sangat banyak yang menjual tempe mendoan. Biasanya yang menjual tempe mendoan di pinggir-pinggir jalan itu adalah penjual khusus gorengan, jadi menjual berbagai macam gorengan seperti bakwan, tahu isi / tahu sumpel, cireng, pisang goreng, dan termasuk tempe mendoan.
Cara membuat tempe mendoan pun cukup mudah dan sederhana. Bahan bahannya juga sedikit dan mudah ditemui di pasar tradisional. Walaupun membuat tempe mendoan itu mudah dan hampir semua orang bisa membuatnya, namun tempe mendoan buatan orang yang satu dengan yang lain belum tentu sama. Karena mungkin bahan bahannya sama tetapi cara mengolahnya yang berbeda, atau bisa juga kapasitas bahannya yang berbeda. Lalu bagaimana cara membuat tempe mendoan yang enak dan bisa menjadi favorit keluarga? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari langsung saja kita praktekkan bersama cara membuat tempe mendoan yang enak dan membuat ketagihan.

Bahan-bahan tempe mendoan:
  • 10 lembar tempe mendoan siap pakai, atau apabila beli tempe yang masih gelondongan, bisa diiris tipis-tipis menjadi 10 lembar (Gunakan tempe dengan kualitas yang bagus)
  • 100 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung beras
  • 25 gram tepung sagu
  • 3 sendok makan kucai, iris lembut
  • 250 ml air
  • Minyak goreng secukupnya, untuk menggoreng

Bahan bumbu yang dihaluskan:
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh kencur, iris

Pelengkap sajian:
  • Cabai rawit hijau utuh secukupnya
  • kecap manis

Cara Membuat Tempe Mendoan:
  1. Irisan tempe dianginkan sejenak kurang lebih 15 menit
  2. Ambil baskom, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, campurkan dengan tepung terigu, tepung beras, tepung sagu, kucai, dan air. Aduk hingga rata.
  3. Panaskan minyak pada wajan, celupkan tempe ke dalam adonan tepung kemudian goreng lembar demi lembar, cukup setengah matang saja. Setelah itu angkat lalu tiriskan.
  4. Hidangkan selagi hangat bersama cabai rawit dan kecap.

Demikian langkah-langkah cara membuat tempe mendoan. Anda juga bisa menyajikan tempe mendoan bersama saus cabai atau sambal lamongan.
Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan..



 Tips memilih tempe yang berkualitas:
  • Tempe yang berkualitas yaitu tempe yang masih dalam keadaan segar atau baru. Ciri cirinya memiliki kedelai yang rapat dan padat. 
  • Tempe yang segar dan baru juga bisa dilihat dari suhu tempe. Apabila suhu tempe masih hangat dan aroma dari kedelai masih tercium, itu tandanya tempe masih segar. Begitu pula sebaliknya.
  • Pilih tempe yang memiliki serabut berwarna putih, tidak hitam dan tidak berwarna gelap
  • Tempe yang memiliki bau tidak sedap dan berlendir, itu tandanya tempe sudah basi. Maka jangan memilih tempe yang seperti itu.
  • Jangan memilih tempe yang berwarna kuning, karena warna kuning bisa saja dihasilkan dari pewarna makanan
Selain tips memilih tempe, kita juga perlu mengetahui cara menyimpan tempe yang baik agar tidak mudah basi, diantaranya:
  • Tempe yang masih dalam keadaan hangat, sebaiknya kita angin-anginkan terlebih dahulu sebelum menyimpan. Setelah suhu sudah tidak hangat, kita bisa memasukkan ke dalam kulkas.
  • Ketika kita akan menyimpan tempe, usahakan tempe masih dalam keadaan utuh, jangan dibuka plastiknya dan jangan dipotong-potong
  • Agar tempe tetap awet dan sehat, sebelum disimpan bisa dikukus terlebih dahulu selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu biarkan dingin dan uap airnya mengering, baru bisa dimasukkan ke dalam kulkas.


Demikianlah Artikel Resep Cara Membuat Tempe Mendoan

Sekianlah artikel Resep Cara Membuat Tempe Mendoan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Resep Cara Membuat Tempe Mendoan dengan alamat link https://kumpulan-masakan-dunia.blogspot.com/2018/04/resep-cara-membuat-tempe-mendoan.html

Komentar

Paling Populer

Resep Cara Membuat Chicken Steak ala Waroeng Steak

[TIPS] Menghilangkan Bau Prengus Pada Kikil

Resep Cara Membuat Sate Ayam Empuk + Sambal Kacang

Resep bumbu pengetan ikan bader ala Semua Resep Ibu

Resep Cara Membuat Ayam Penyet Empuk

Resep Sambal Pencok Kacang Panjang by @chichiwiranata

Resep Garang Asem Ayam + Kuah Bening Seger

Resep Rahasia Cara Membuat Es Krim Walls dan Campina

Resep bakso goreng pedas by @deviirwantari

Resep Masakan Tumis Cumi Pete By @dewi.yuliana23