Resep Cara Membuat Klepon Lembut dan Meleleh

Resep Cara Membuat Klepon Lembut dan Meleleh - Hallo sahabat Resep Masakan Dunia Terlengkap, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Resep Cara Membuat Klepon Lembut dan Meleleh, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Resep Jajanan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Cara Membuat Klepon Lembut dan Meleleh
link : Resep Cara Membuat Klepon Lembut dan Meleleh

Baca juga


Resep Cara Membuat Klepon Lembut dan Meleleh


Klepon merupakan jajanan tradisional yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Jajanan yang satu ini memiliki ciri khas yaitu berbentuk bulat, berwarna hijau, dan di dalamnya terdapat gula jawa, serta dilengkapi dengan parutan kelapa. Klepon cukup mudah ditemui, mulai dari pasar tradisional yang ada di pedesaan, hingga di toko kue dan roti di kota-kota besar.
Klepon lebih identik dengan jajanan orang Jawa Tengah, oleh karena itu klepon lebih mudah dijumpai di daerah-daerah Jawa Tengah.
Klepon banyak digemari oleh anak-anak hingga orang tua, karena rasanya yang manis ditambah parutan kelapa yang gurih sehingga membuat rasa memanjakan lidah.
Namun kualitas klepon yang satu dengan yang lain tentu tidak sama. Ada yang kasar, ada yang terlalu kenyal, dan ada yang lembut dan halus. Nah kali ini kita akan membuat klepon dengan kualitas terbaik yang mempunyai tekstur lembut dan halus, serta di dalamnya terdapat gula yang halus dan meleleh. Lalu bagaimana cara membuatnya? langsung saja kita siapkan bahan bahannya untuk membuat klepon.

Bahan-bahan:
  • 300 gram tepung ketan, gunakan tepung ketan kualitas terbaik
  • 4 sendok makan air mendidih
  • 150 ml santan hangat
  • 50 ml air daun suji pandan
  • 1/2 sendok makan air kapur
  • 200 gram gula merah disisir halus. Gunakan gula merah dengan kualitas terbaik
  • 1 butir kelapa setengah muda, kupas lalu parut memanjang
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Klepon:
  1. Siram tepung ketan dengan air mendidih, aduk hingga rata. Tambahkan sedikit garam, dan tambahkan air daun suji dan air kapur sambil dituangi santan hangat sedikit demi sedikit hingga habis dan adonan dapat dibentuk
  2. Ambil adonan, pipihkan lalu isi dengan sisiran gula merah. Bentuk menjadi bulatan-bulatan sebesar kelereng besar. Lakukan hingga semua adonan habis.
  3. Rebus adonan ke dalam air mendidih hingga matang dan mengapung. Angkat lalu tiriskan
  4. Campur kelapa parut dan sedikit garam, aduk hingga rata. Kukus dalam panci pengukus dengan diberi daun pandan hingga matang. Angkat.
  5. Gulingkan klepon yang sudah matang di atas kelapa parut hingga rata.
  6. Klepon siap untuk disajikan

Selamat mencoba dan semoga hasil kleponnya memuaskan..
Jangan lupa simak juga resep-resep lainnya ya...


Demikianlah Artikel Resep Cara Membuat Klepon Lembut dan Meleleh

Sekianlah artikel Resep Cara Membuat Klepon Lembut dan Meleleh kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Resep Cara Membuat Klepon Lembut dan Meleleh dengan alamat link https://kumpulan-masakan-dunia.blogspot.com/2018/05/resep-cara-membuat-klepon-lembut-dan.html

Komentar

Paling Populer

Resep Cara Membuat Chicken Steak ala Waroeng Steak

[TIPS] Menghilangkan Bau Prengus Pada Kikil

Resep Cara Membuat Sate Ayam Empuk + Sambal Kacang

Resep bumbu pengetan ikan bader ala Semua Resep Ibu

Resep Cara Membuat Ayam Penyet Empuk

Resep Sambal Pencok Kacang Panjang by @chichiwiranata

Resep Garang Asem Ayam + Kuah Bening Seger

Resep Rahasia Cara Membuat Es Krim Walls dan Campina

Resep bakso goreng pedas by @deviirwantari

Resep Masakan Tumis Cumi Pete By @dewi.yuliana23